PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

XML

Salah satu standar kompetensi yang harus dicapai melalui aspekkemampuan bersastra yaitu menulis kreatif naskah drama. Kenyataan yangdihadapi oleh peneliti di kelas XI SMA Negeri 4 Kupang yaitu rendahnyakemampuan siswa dalam menulis kreatif naskah drama. Hal itu menjadi alasanpenelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini menerapkan langkah-langkahpembelajaran menulis kreatif naskah drama menggunakan teknik pengamatanobjek secara langsung di kelas yang disesuaikan dengan tingkat kemampuansiswa. Pelaksanaan tindakan dimulai dari hal-hal yang khusus tentang drama, darihal yang sederhana selanjutnya ditarik ke hal-hal umum. Dengan demikian, siswabisa menikmati pelajaran menulis kreatif naskah drama tanpa merasa dipaksauntuk memaham. Dalam penerapannya guru hanya menyediakan kondisi belajar,mengatur prosesnya, mengatur kegiatan belajar mengajar dan membantu siswadalam mengevaluasi kemajuannya sedangkan siswa dengan sendirinya akanmenjadi lebih aktif bila metode/teknik pembelajaran yang digunakan oleh gurutepat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitiantindakan kelas atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelasmemiliki karakteristik yang khas berupa tindakan-tindakan dalam upayamelakukan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran di kelas. Oleh sebabitu, penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam wujud proses pengkajianberdaur yang terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus pertamadan siklus kedua. Hasil yang dicapai pada siklus pertama belum mencapai standaryang ditentukan yakni 74,5%. Oleh karena itu, peneliti dan praktisi melanjutkanpada siklus kedua yakni 88,22%, lebih dari standar yang ditentukan. Hal inimenandakan bahwa indikator pembelajaran sudah tuntas. Peningkatankemampuan siswa dalam menulis kreatif naskah drama menggunakan teknikpengamatan objek secara langsung ternyata terbukti berhasil.
Kata kunci: menulis kreatif naskah drama, teknik pengamatan objek secara langsung, penelitian tindakan kelas.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
YUSFINCE A.K AKANKARI - Personal Name
Student ID
1901010101
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
ALEX DJAWA - 196108051993031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karolus Budiman Jama - 197906102008121001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Alex Djawa - 196108051993031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 AKA P
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA