PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah khususnya materi konsep manusia, ruang dan waktu dengan menggunakan metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas yang di latar belakangi kurangnya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi oleh pendidik atau guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang di peroleh pun kurang memuaskan dalam mata pelajaran sejarah. Dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik serta hasil belajar peserta didik. Dengan adanya peranan metode pembelajaran ini dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) yang di lakukan presentase nilai setiap siklus yang diperoleh. Peningkatan hasil belajar 35 peserta didik dapat di lihat sebagai berikut, pada pra siklus yang mencapai nilai KKM terdapat 12 peserta didik dengan presentase (34,28%), sedangkan peserta didik yang nilainya dibawah KKM berjumlah 23 orang (65,72%), kemudian terjadi peningkatan pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai KKM terdapat 23 orang dengan presentase (65,72%) sedangkan peserta didik yang nilai nya di bawah KKM berjumlah 12 orang dengan presentase (34,28%) dan kemudian pada siklus II mengalami peningkatan 35 peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan presentase (100%). Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkaatan rata-rata 60,71%, pada pra siklus, meningkat dengan angka 79,74% pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 85,40%, pada siklus II. Pengamatan pada kinerja juga mengalami peningkatan mrenjadi 80,00% menjadi 95,80% pada siklus II. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 2 Kupang.
Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Hasil Belajar,Metode Demonstrasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA AGUSTINA LAHAL - Personal Name
Student ID
1701090051
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 LAL
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA