PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH VERSUS LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUPANG TENGAH

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH VERSUS LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUPANG TENGAH

XML

Tujuan penelitian ini untuk Untuk menerapkan perbedaan pengaruh model pembelajaran Make A Match dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar sejarah siswa Kelas X di Sma Negeri 2 Kupang Tengah. Lokasi penelitian ini di SMAN 2 Kupang Tengah.Teknik pengumpulan data adalah observasi dan test. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekperimen semu ( Quasi eksperimen) yang dilakukan dengan 2 kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 sebanyak 33 siswa dan kelas X IPS 2 sebanyak 33 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pada posttest kelas kontrol yaitu, 75 dengan kategori siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan (KKM) 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: Ada Perbedaan yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Make a Match dan Pembelajaran Langsung terhadap hasil belajar sejarah pada siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar sejarah pada siswa menggunakan model pembelajaran Make a Match siswa memperoleh rata-rata nilai yang lebih baik ( mean = 88,30) di bandingkkan dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung ( mean = 76,80).
Kata Kunci: Make A Match , Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ADRIANA HAELEKE - Personal Name
Student ID
1801090046
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 EKE
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA