Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH VERSUS LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUPANG TENGAH
XMLTujuan penelitian ini untuk Untuk menerapkan perbedaan pengaruh model pembelajaran Make A Match dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar sejarah siswa Kelas X di Sma Negeri 2 Kupang Tengah. Lokasi penelitian ini di SMAN 2 Kupang Tengah.Teknik pengumpulan data adalah observasi dan test. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekperimen semu ( Quasi eksperimen) yang dilakukan dengan 2 kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 sebanyak 33 siswa dan kelas X IPS 2 sebanyak 33 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pada posttest kelas kontrol yaitu, 75 dengan kategori siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan (KKM) 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: Ada Perbedaan yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Make a Match dan Pembelajaran Langsung terhadap hasil belajar sejarah pada siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar sejarah pada siswa menggunakan model pembelajaran Make a Match siswa memperoleh rata-rata nilai yang lebih baik ( mean = 88,30) di bandingkkan dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung ( mean = 76,80).
Kata Kunci: Make A Match , Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ADRIANA HAELEKE - Personal Name
|
Student ID |
1801090046
|
Dosen Pembimbing |
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 1 FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 EKE
|
Copyright |
individu penulis
|
Doi |