Skripsi
PERANAN GURU SEBAGAI TEACHER COUNSELOR PADA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL SISWA KELAS V SD INPRES OENASI KABUPATEN TTS
XMLSkripsi oleh Linda Yulistia Mustanu, NIM 1901140135 (2019) berjudul Peranan Guru Sebagai Teacher Counsellor Pada Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Hubungan Sosial Siswa Kelas V SD Inpres Oenasi Kabupaten TTS. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru sebagai teacher konselor pada layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan hubungan sosial siswa di kelas V SD Inpres Oenasi? Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai teacher konselor pada layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan hubungan sosial siswa kelas V SD Inpres Oenasi. Kegunaan dari penelitin ini yaitu sebagai masukan bagi para guru yang berperan penting dalam membimbing siswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan jumlah responden enam (6) orang dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara sedangkan teknik analisi data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi hasil penelitian.
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Oenasi Kabupaten TTS khususnya kelas V dengan hasil penelitian menunjukan bahwa Peran guru sebagai teacher counsellor yang dilakukan oleh guru wali kelas V SD Inpres Oenasi terhadap hubungan sosial siswa adalah 1) guru berperan untuk dapat mengembangkan hubungan sosial siswa dalam hal bermain dengan teman sebaya dengan cara guru menciptakan suasana hangat dan rileks serta membimbing siswa agar dapat berkomunikasi yang baik dengan teman sebaya. 2) guru berperan dalam mengatasi konflik yang dialami siswa dengan cara memahami perasaan siswa dengan mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik siswa. 3) guru berperan dalam melatih kerjasama antar kelompok dengan membagikan siswa dengan kemampuan yang beragam pada sebuah kelompok agar siswa mampu merespon dan menumbuhkan rasa percaya terhadap sesama. 4) berbagi, dalam hal ini guru berperan memotivasi siswa agar memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk mampu mengungkapkan pendapat dan memberi penghargaan baik verbal maupun non verbal kepada siswa. 5) Oppenes, guru berperan menciptakan kedekatan emosional antar siswa dan guru. 6) Self realization, guru berperan memotivasi siswa untuk mengembangkan diri dengan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. 7) Interdependences, guru mendorong siswa agar memiliki rasa saling ketergantungan. 8) feed back, dengan diskusi kelompok siswa dilatih untuk memberi dan menerima pendapat orang lain dari kelompok yang kurang efektif dan efektif sehingga mempermudah proses belajar mengajar di kelas V SD Inpres Oenasi dan selebihnya siswa dapat mudah berinteraksi di lingkungan masing-masing.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan guru sebagai teacher counsellor dalam layanan bimbingan kelompok mampu mengembangkan hubungan sosial siswa kelas V SD Inpres Oenasi Kabupaten TTS.
Kata kunci: Peranan, Bimbingan Kelompok, Hubungan Sosial.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Linda Yulistia Mustanu - Personal Name
|
Student ID |
1901140135
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 MUS P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |