Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus Di Kampung Adat Weigalli Desa Taramanu Kec. Wanokaka Kab.Sumba Barat)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus Di Kampung Adat Weigalli Desa Taramanu Kec. Wanokaka Kab.Sumba Barat)

XML

Tujuan penelitian Untuk mengetahui Strategi Pemerintah dalam meningkatkan kunjungan pariwisata di Kampung Adat Weigalli, Kecamatan Wanokaka Kebupaten Sumba Barat . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa strategi yang Pemerintah lakukan dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kecamatan Wanokaka khususnya di kampung adat weigali , yakni;1) pengadaan fasilitas pendukung kegiatan pariwisata, 2) adanya sosialisasi tentang kesadaran pola pikir masyarakat, 3) tersedia kerajininan tangan khas sumba, 4) pelaksanaan ritual adat secara rutin, 5) penataan kampung sesuai dengan standar kesehatan. Adapun strategi yang digunakan oleh pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan antara lain: 1) strategi produk yang ditawarkan kepada masyarakat, 2) Strategi harga kerajinan tangan khas daerah, 3) Strategi proses mutu pelayanan, 4) Strategi pramosi oleh pemenritah, 5) Strategi distribusi oleh agen wisata, 6) fasilitas pendukung (Bukti fisik), 7) Strategi pengelola. Adapun saran dalam penelitian ini adalah A) kepada masyarakat kampung adat weigali, 1) hasil kontribusi dari para wisatawan yang datang berkunjung betul-betul digunakan sebagaimana tujuan yaitu untuk membantu membiayai masyarakat yang akan membuat rumah adat yang baru di kampung adat weigali. 2) untuk tetap mempertahankan keaslian budaya serta bangunan rumah adat sebagai warisan leluhur, masyarakat tidak boleh terpengaruh dengan kemajuan teknologi di era globalisasi ini. 3) agar tetap menjaga aset pariwisata di kampung adat weigali karena keterbatasan pendidikan dan tenaga ahli maka perlu ada musyawarah mufakak untuk mencari solusi yang tepat dalam menjawab permasalahan. B) kepada pemerintah daerah adapun saran-saran sebagai berikut. 1) memberikan beasiswa kepada masyarakat setempat khususnya usia remaja untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan pariwisata. 2) memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengolahan pariwisata agar dapat bermamfaat bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

Kata Kunci : Strategi Pemerintah, Kunjungan wisatawan


Detail Information

Item Type
Penulis
SEPRIANUS HEINGU KUALA - Personal Name
Student ID
1634030047
Dosen Pembimbing
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Hildigardis M.I. Nahak-19790501 200604 2 001 - - Ketua Penguji
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 SEP S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA