PENGGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU KATA BERPUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD NEGERI PITAY KECAMATAN SULAMU KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU KATA BERPUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD NEGERI PITAY KECAMATAN SULAMU KABUPATEN KUPANG

XML

Skripsi Oleh , Ryo Abjulson Suik, 1601140264 Pendidikan Guru Sekolah
Dasar 2021. Penggunaan AlatPeraga Kartu Kata Berputar Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membca Cepat Siswa Kelas V SD Negeri Pitay Kecamatan
Sulamu Kabupaten Kupang”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas NusaCendana. Pembimbing (I) Dr.
Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd, S.Pd.,Pembimbing (II) Dra Margareta M.
Karus.,M.Pd. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni. Bagaimana
meningkatkan kemampuan membaca cepat dengan menggunakan alat peraga
kartu kata berputar bagi siswa kelas V SD Negeri Pitay Kecamatan Sulamu
Kabupaten Kupang? Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan
kemampuan membaca cepat dengan menggunakan alat peraga kartu kata
berputar bagi siswa kelas V SD Negeri Pitay Kecamatan Sulamu Kabupaten
Kupang.Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri
Pitay Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang yang berjumlah21 siswa yang
terdiri dari 8 laki-laki dan 13 siswa perempuan. jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan alat peraga kartu kata
berputar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes
hasil belajar siswa dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran yang mana siklus I
memperoleh persentase ketuntasan tes kemampuan membaca cepat sebesar
(47,61%) atau sebanyak 10 orang siswa yang mampu membaca kata lebih dari
75 kata/menit sedangkan sisinya yakni (52,38% ) atau sebanyak 11 orang siswa
belum mampu membaca kata lebih dari 75 kata/menit. Berdasarkan hasil di atas
maka dapat disimpulkan pembelajaran pada siklus I belum mampu menjawab
indikator keberhasilan yang ditentukan. Untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus II.
Hasil tes kemampuan pada siklus II menunjukkan ada peningkatan yang baik
jika dibandingkan dengan hasil pada siklus I yakni siswa yang tuntas les
kemampuan. membaca cepat pada siklus I sebanyak 10 orang atau 47,61%
meningkat menjadi 18 orang atau 85,71%. Hal ini berarti penelitian telah
dianggap tuntas karena telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan.
Kata kunci: Media kartu kata berputar, kemampuan membaca


Detail Information

Item Type
Penulis
Ryo Abjulson Suik - Personal Name
Student ID
1601140264
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1
Ch. Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidkan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 UIK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA