Analisis Geometrik Jalan Dan Kecepatan Kendaraan Terhadap Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus: Ruas Jalan Ki Hajar Dewantara, Kota Borong, Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Geometrik Jalan Dan Kecepatan Kendaraan Terhadap Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus: Ruas Jalan Ki Hajar Dewantara, Kota Borong, Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Kondisi geometrik jalan serta pengguna jalan merupakan faktor utama terjadinya permasalahan kecelakaan lalu-lintas. Desain geometrik jalan sangat penting untuk memberikan kenyamanan yang optimal pada arus lalu lintas. Intensitas kecelakaan yang terjadi di ruas jalan Ki Hajar Dewantara terus meningkat. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kondisi eksisting geometrik jalan dan kecepatan kendaraan di jalan dan mengetahui pengaruh geometrik jalan dan kecepatan kendaraan. Metode penelitian ini menggunakan jenis data primer yaitu pengambilan data waktu tempuh dan data kondisi eksisting geometric jalan sedangkan data sekunder yang digunakan ialah data kecelakaan lalu lintas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan rata-rata di lapangan sebesar 40,15 km/jam lebih besar dari kecepatan rencana menurut jalan kolektor yaitu 40 km/jam. Untuk parameter geometrik nilai lengkung horizontal diketahui nilai jari-jari tikungan pada tikungan 1 sebesar 67,11 m, tikungan 2 sebesar 91,74 m dan tikungan 3 sebesar 98,40 m sedangkan ketentuan yang ada karena jenis tikungan 1 dan 2 ialah tikungan SCS, maka telah memenuhi syarat jari-jari minimum yaitu 55 m dan untuk tikungan 3 yaitu jenis tikungan FC, maka tikungan ini belum memenuhi syarat dengan jari-jari minimum yaitu 800 m. Untuk pelebaran perkerasan pada tikungan 1 membutuhkan 0,75 meter dan pelebaran daerah kebebasan samping sebesar 1,10 m, tikungan 2 pelebaran perkerasan 0,55 meter dan daerah kebebasan samping sebesar 1,10 m serta tikungan 3 membutuhkan pelebaran perkerasan 0,51 meter dan pelebaran daerah kebebasan samping sebesar 2,13 m. Untuk hubungan geometrik jalan dan kecepatan kendaraan terhadap tingkat kecelakaan lalu lintas, bahwa terdapat pengaruh yaitu sebesar 74.47% AEK dipengaruhi oleh nilai jari-jari tikungan, 69.16% dipengaruhi oleh derajat kelengkungan, dan 93.86% dipengaruhi oleh kecepatan kendaraan (Vlapangan).

Kata kunci: Tikungan, Lalu-Lintas, Kecepatan, Kecelakaan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FORTUNA ASMINJAYA PAU - Personal Name
Student ID
1606010098
Dosen Pembimbing
TRI MARDIYATI W SIR - 197905062006042001 - Dosen Pembimbing 1
John H. Frans - 197506022001121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Margareth Evelyn Bolla - 198102162006042002 - Ketua Penguji
John H. Frans - 197506022001121002 - Penguji 1
Tri Mardiyati W Sir - 197905062006042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 PAU A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA