Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR DI KELAS V SD INPRES OEPOI KUPANG
XMLSkripsi oleh Natalia K. Ladja NIM. 1901140368 Skripsi berjudul“ penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi konduktor dan isolator di kelas V SD Inpres Oepoi Kupang.” Masalah dalam penelitian ini adalah bagimana penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pemebelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kelas dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pemebalajaran discovery learning pada
tema 6 sub tema 3 pembelajaran 1 kelas V SD Inpres Oepoi Kupang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni obeservasi, dan test dengan subjek 25 orang dengan rincian dia laki-laki 17 orang dan siswa perempuan 8 orang. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Oepoi Kupang dengan hasil penelitain menunjukan bahwa pada siklus I, dari 25 orang sebanyak 15 siswa yang tuntas (60%) karena siswa, mempersiapka diri untuk belajar dengan baik, menyimak penjelasan guru mengenai materi konduktor dan isolator dengan baik, dan duduk tenang dan merespon arah guru dari dalam kelas, bekerja sama dalam kelompok dengan baik, menghargai pendapat teman,dapat mencontohkan benda konduktor dan isolator, dapat menyimpulkan materi bersama guru, dan mengerjakan soal evaluasi dengan tertib. 10 siswa lainnya( 40%) belum mencapai standar ketuntasan karena, tidak mempersiapakan diri untuk belajar, tidak menyimak penejelasan guru, tidak duduk tenang dan tidak merespon arahan guru dari dalam kelas, tidak bekerja sama dalam kelompok, tidak menghargai pendapat teman, tidak dapat mencontohkan benda konduktor dan isolator, dan tidak mampu mengerjakan soal evaluasi dengan tertib. Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan guru pada siklus I yakni: guru belum mampu memberikan pertanyaan dengan pas, dan guru juga belum dapat mendamping dan dan membimbing baik secara individu mapuan kelompok. Selanjutnya, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni: dari 25 siswa terdapat 23 siswa tuntas (92%) karena selalu mempersiakan diri untuk belajar dengan baik, menyimak penejelasan guru mengenai konduktor dan isolator dengan baik, duduk tenang dan merspon arahan guru dengan baik, bekerja sama dalam kelompok dengan baik, menghargai pendapat teman, sangat mampu mencontohkan benda konduktor dan isolator, soal test di kerjakan dengan benar, dan dapat menyimpulkan materi bersama guru dengan baik. sedangkan 2 siswa lainya belum tuntas (8%) kerana kurang memperhatika penejelasan guru, tidak bekerjasama dalam kelompok dan belum mampu mencontohkan benda konduktor dan isolator. Adapun kelebihan guru pada siklus II : guru sudah mampu memberikan pertanyaan memahami materi konduktor dan isolator dan guru sudag mampu mendampingi dan membimbing siswa dalam kelompok dengan baik sesuai model, pembelajaran Discovery Learning.Berdarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran tentang konduktor dan isolator dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.
Kata kunci:Discovery Learning, konduktor isolator dan Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Natalia K. Ladja - Personal Name
|
Student ID |
1901140368
|
Dosen Pembimbing |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
Maksel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1 Maksel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 LAD P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |