Perbandingan Antara Metode Small Group Discussion Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI SMAN 6 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Perbandingan Antara Metode Small Group Discussion Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI SMAN 6 Kupang

XML

Penelitian ini membahas mengenai perbandingan hasil belajar antara metode pembelajaran Small Group Discussion (SGD) dengan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPS antara yang diajarkan dengann metode pembelajaran Small Group Discussion (SGD) dengan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMAN 6 Kupang Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan desain pre test dan post test. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 120 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan petimbangan peneliti bahwa kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 3 memiliki jumlah yang sama sehingga memudahkan peneliti untuk membandingkan hasil belajar antara kedua kelas tesebut.Sampel penelitian adalah 60 orang dari kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 3. Istrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar ekonomi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion (SGD) dengan Metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Perbandingan hasil belajar pre test siswa kelas small group discussion dengan nilai rata-rata 49,17 Meningkat menjadi 73,5 pada saat post test.sedangkan hasil belajar pre test siswa kelas contextual teaching and learning dengan nilai rata-rata sebesar 54,33 meningkat menjadi 86,0 pada saat post test. Dengan demikian ilai rata-rata post test hasil belajar siswa pada kelas Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dari dibandingkan dengan nilai rata-rata post test kelas Small Group Discussion.
Kata kunci: Hasil Belajar,Mata Pelajaran Ekonomi,Metode SGD,Metode CTL


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
PETRONELDIS LETO - Personal Name
Student ID
1601080080
Dosen Pembimbing
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 1
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ari Data - 197209022003121003 - Ketua Penguji
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Penguji 1
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 LET P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA