Peran Serta Badan Pengelola Perbatasan Provinsi NTT Dalam Penyelesaian Permasalahan Batas Wilayah Darat Indonesia Dan Timor Leste (Studi Kasus Di Desa Netemnanu Utara)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Serta Badan Pengelola Perbatasan Provinsi NTT Dalam Penyelesaian Permasalahan Batas Wilayah Darat Indonesia Dan Timor Leste (Studi Kasus Di Desa Netemnanu Utara)

XML

Perkembangan dan pertumbuhan penduduk selama periode modernisasi ini memaksa bangsa-bangsa bekerja sama untuk memajukan kepentingan mereka sendiri. Negara-negara yang bekerja sama seperti Indonesia dan Timor Leste memiliki masalah terkait wilayah perbatasan. Adapun rumusan masalah yang diteliti adalah: (1) Bagaimana Peran dari Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi NTT dalam upaya Penyelesaian Sengketa Perbatasan Naktuka Indonesia dan Oecusse Timor Leste?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yaitu penelitian yang dilakukan dengan meneliti data sekunder pada awalnya untuk kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer di lapangan atau terhadap masyarakat sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian.
Hasil penelitian ini menmunjukan bahwa: (1) peran dari Badan Pengelola Perbatasan sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan, serta memfasilitasi perdagangan dan kegiatan lintas batas. (2) Badan Pengelola Perbatasan juga memiliki peran dalam menjaga kedaulatan negara, mencegah masuknya barang-barang ilegal, dan memantau gerak-gerik orang yang masuk dan keluar dari wilayah perbatasan. Selain melaksanakan fungsi koordinasi, Badan Pengelola Perbatasan juga mempunyai fungsi pelaksanaan pembangunan, pengelolaan serta pemanfaatan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran dari Badan Pengelola Perbatasan sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan, serta memfasilitasi perdagangan dan kegiatan lintas batas. BPP juga diharapkan bisa meningkatkan hubungan kerjasama, penggunaan teknologi, membangun kualitas SDM, serta trasnparasi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan fungsinya.

Kata Kunci: Naktuka, Badan Pengelola Perbatasan, Penyelesaian Sengketa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ROY ADRIAN DIMOE - Personal Name
Student ID
1802020010
Dosen Pembimbing
Dhesy A. Kase - 197903242005012002 - Dosen Pembimbing 1
ELISABETH NIRMALA SARI TUKAN - 198308042008012006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Victor Eben Sabuna - 197509132008121001 - Ketua Penguji
Dhesy Arisandielis Kase - 197903242005012002 - Penguji 1
Elisabeth N.S.B. Tukan - 19830804 200801 2 006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 DIM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA