Penggunaan Metode Experimen Dalam Pembelajaran Tentang Tema 3 Tokoh Dan Penemuan Dan Sub Tema 2 Penemu Dan Manfaatnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vi Sd Gmit Baumata

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Metode Experimen Dalam Pembelajaran Tentang Tema 3 Tokoh Dan Penemuan Dan Sub Tema 2 Penemu Dan Manfaatnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vi Sd Gmit Baumata

XML

Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan deksriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes, teknik analisis data yakni deduktif dan kualitatif dengan subyek 15 orang, laki-laki 6 orang dan perermpuan 9 orang. Penelitian ini diadakan di SD GMIT BAUMATA, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, sebanyak 7 siswa dari 15 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 65 dengan presentase ketercapaian KKM sebesar (68,1%) karena memusatkan perhatian, aktif dalam kelas, mengerjakan tugas dan tertib pada saat proses pembelajaran berlangsung. 8 orang (79,5 %) dari 15 subjek belum mencapai standar ketuntasan karena kurang memusatkan perhatian saat pembelajaran berlangsung, kurang percaya diri dan kurang aktif dalam pembelajaran. selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 15 siswa, 13 siswa tuntas (85%) karena selalu memusatkan perhatian dalam pembelajaran, aktif dalam kelas, lebih percaya diri, selalu mengerjakan tugas. Sedangkan 2 siswa (13 %) belum tuntas karena masih kurang percaya diri dan kurang aktif. Perolehan nilai pada siklus 1, 7 orang siswa (68,1 %) sudah tuntas karena mereka sudah mengerti tentang cara merancang rangkaian seri dan parallel menggunakan kentang, sehingga dari 4 kelompok dua kelompok dapat merancang dengan benar sehingga bola lampu (LED) dapat menyala. Sedangkan 8 oang siswa (79,5 %) belum tuntas karena mereka belum mengerti dengan baik tentang cara merancang rangkaian seri dan parallel menggunakan kentang. Selanjutnya pada siklus II, 13 orang siswa (85 %) sudah tuntas karena mereka sudah mengerti tentang cara merancang rangkaian seri dan parallel menggunakan kentang, sedangkan 2 orang siswa (13 %) belum tuntas karena belum mengerti cara merancang namun mereka di bantu oleh teman dalam kelompok.
Kata kunci : Metode Experimen, Hasil belajar, Rangkaian listrik


Detail Information

Item Type
Penulis
ALVIN NORIT BANI - Personal Name
Student ID
1601140298
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru SEkolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA