Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING KALIMAT SEDERHANA SISWA KELAS 3 SD NEGERI WETANA SUMBA BARAT MENGGUNAKAN KARTU KALIMAT
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring kalimat sederhana menggunakan kartu kalimat siswa kelas 3 SD Negeri Wetana Sumba Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Wetana Sumba Barat dengan jumlah siswa 18 yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes,observasi dan dokumentasi. Data ini dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif-kualitatif. Hasil observasi guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 91 dengan kategori sangat baik. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 95 dengan kategori sangat baik. Hasil observasi siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64 dengan kategori kurang. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 70 dengan kategori cukup. Hasil penilaian tes siklus I terdapat 11 siswa (61%) yang tuntas sedangkan 7 siswa (39%) lainnya belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 14 siswa (77,77%) yang tuntas dan 4 siswa (22,22%) belum tuntas. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu kalimat dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca nyaring kalimat sederhana.
Kata Kunci : Media kartu kalimat, Kemampuan membaca nyaring.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Amelia Claudia Peka Milla - Personal Name
|
Student ID |
1901140017
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1 MARKUS SAMPE - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 MIL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |