Fungsi Lembaga Kemasyarakatan Desa Dalam Mewujudkan Pembangunan Desa Di Desa Lalong, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Fungsi Lembaga Kemasyarakatan Desa Dalam Mewujudkan Pembangunan Desa Di Desa Lalong, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat

XML

Lembaga kemasyarakatan desa merupakan wadah partisipasi masyarakat, sebagai mitra Pemerintah Desa, ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat desa, mengumpulkan dan menyalurkan aspirasi masyatakat, sebagai penyambung lidah antara pemerintah desa dengan masyarakat. Namun masih di temukan gejala seperti masyarakat desa yang tidak mengetahui apa tugas dan fungsi dari Lembaga Kemasyarakatan Desa yang ada, masih rendahnya tingkat partisipasi masyarakat terhadap perencanaan maupun pelaksanaan kegiatan pembangunan dilaksanakan oleh Desa, belum terjalin komunikasi yang baik antar masyarakat dengan lembaga kemasyarakatan yang ada. Maka dari itu penulis ingin meneliti permasalahan ini lebih lanjut dengan rumusan masalah bagaimana fungsi Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam pembangunan desa di Desa Lalong, Kecamatan Lembor Selatan Kabupaten Manggarai Barat serta apakah faktor penghambat Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam pembangunan Desa Lalong, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis empiris yang menganalisis efektifitas hukum serta mengkaji persoalan hukum dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau melihat bagaimana mengoperasionalkan aturan tersebut dalam peristiwa hukum yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah orang-orang yang paham dan berperan langsung dalam topik penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis fungsi Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam pembangunan Desa serta untuk mengetahui bagaimana hambatan yang dihadapi oleh Lembaga Kemasyarakatan Desa itu dalam menjalankan tugas dan fungsinya.
Hasil penelitian di Desa Lalong menunjukkan bahwa peran dan fungsi Lembaga Kemasyarakatan Desa membantu Pemerintah Desa melaksanakan program-program pembangunan yang telah ditetapkan di desa ternyata belum maksimal dilaksanakan. Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa Lembaga Kemasyarakatan Desa Lalong masih kurang berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di Desa Lalong. Dimana pegurus dan anggota dari lembaga kemasyarakatan itu sendiri masih kurang aktif terlibat dalam penyusunan perencanaan maupun pelaksanaan kegiatan pembangunan di Desa Lalong itu sendiri.

Kata kunci: Fungsi Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam pembangunan Desa Serta Faktor-faktor penghambat Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam menjalankan fungsinya.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SUSANTI KARTIKA MIJA - Personal Name
Student ID
1902010104
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Ketua Penguji
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Penguji 1
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 MIJ F
Copyright
Universitas Nusa Cendana
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA