PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GENIUS LEARNING MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME EROPA PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 1 MOLO SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GENIUS LEARNING MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME EROPA PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 1 MOLO SELATAN

XML

Mata pelajaran sejarah dianggap membosankan dan tidak menarik bagi sebagian besar siswa, karna terkesan hanya hafalan dan biasanya ditempatkan pada jam terakhir sekolah sehingga minat siswa cenderung. berkurang pertisipasi siswa dalam kelas berkurang yang barakibat pada menurunnya motivasi dalam diri peserta didik dan berdampak pada penurunan prestasi siswa.Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Molo Selatan yang digunakan adalah penelitian tindahkan kelas (PTK) yang akan dilaksanakan dalam beberapa siklus berdasarkan kriteria ketuntasan Minimum subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Molo Selatan yang berjumlah 20 teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) Observasi yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan langsung di kelas XI IPS 2,(2) Tes digunakan untuk mengukur ketuntasan indicator hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model Genius Learning (3) Dokumentasi untuk mendapatkan data mengynai nama siswa, motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat jumlah siswa sebanyak 20 orang, pada Siklus I siswa yang mencapai KKM berjumlah 11 orang dengan presentase 55%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 20 orang dengan persentase 100%, sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM pada siklus I berjumlah 9 orang dengan persentase 45%, pada siklus II mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dari 20 peserta didik semuanya memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah pada siklus I 74,40%, pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I dari persentases nilai rata-rata kelas 66,66%, pada siklus II meningkat menjadi 89,3%. Pengamatan terhadap kegiatan kinerja guru juga mengalami peningkatan pada Siklus I dari persentase nilai rata-rata 64,61%, pada Siklus II meningkat menjadi 89,2%. Berdasarkan hasil belajar dan hasil observasi pada Siklus I dan Siklus II di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Genius Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa lebih aktif serta tidak merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Genius Learning , Pembelajaran sejarah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SITO LUBERO SAEFATU - Personal Name
Student ID
1701090098
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 SAE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA