Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Pembelajaran Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Nikis Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Pembelajaran Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Nikis Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak hewan melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di kelas V SD Inpres Nikis Kabupaten Timor Tengah Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes, teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif dengan subjek berjumlah 16 orang dengan rincian siswa laki-laki 7 orang dan siswa perempuan 9 orang. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Nikis Kabupaten Timor Tengah Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 16 subjek yang diteliti maka yang tuntas pada siklus I yakni 10 orang (68,62%) dikarenakan selalu memusatkan perhatian pada saat pembelajaran berlangsung, selalu aktif dalam kelas, percaya diri ketika menjawab pertanyaan dan tertib pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan 6 orang lainnya dari 16 subjek (31,38%) belum mencapai standar ketuntasan dikarenakan siswa kurang memusatkan perhatian , kurang aktif, kurang percaya diri, pasif saat guru memberi pertanyaan, dan lama dalam memahami pelajaran. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 16 subjek yang diteliti sudah mencapai standar ketuntasan dengan persentase 100%, dikarenakan siswa sudah memahami pembelajaran secara baik, memusatkan perhatian saat pembelajaran, aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dalam kelompok, percaya diri dan tidak ragu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Pembelajaran Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Nikis Kabupaten Timor Tengah Selatan. Hal ini dibuktikan bahwa siklus II mengalami peningkatan dan selanjutnya semua data menunjukkan seluruh siswa dapat mencapai nilai minimal ketuntasan, dengan demikian maka model pembelajaran group investigation dapat menigkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Group Investigation, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Phylen Bako - Personal Name
Student ID
1601140214
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bak P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA