Pengaturan Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Dan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Di Dinas Perhubungan Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaturan Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Dan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Di Dinas Perhubungan Kota Kupang)

XML

Penerapan prosedur pemungutan Retribusi Tempat Khusus Parkir menurut pengamatan peneliti sejauh ini masih banyak kejanggalan yang terjadi. Contohnya parkiran ditempat khusus parkir namun pihak petugas parkir, tidak memberikan karcis kepada pemilik motor, dan tanpa mengunakan atribut sesuai aturan sehingga yang terjadi saat ini belum berjalan terlalu efektif, dan belum sesuai dengan penerapan Peraturan Daerah sehingga yang terjadi di lapangan saat ini khususnya di Kota Kupang realisasinya belum sesuai dengan apa yang tercantum dalam Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 5 Tahun 2016 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir. Permasalahan pokok dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah pengaturan retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah di Kota Kupang? (2) Bagaimanakah pelaksanaan retribusi pelayanan parkir dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah di Kota Kupang?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang dilaksanakan di Dinas Perhubungan Kota Kupang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan/dokumen. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil pengolahan data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif.
Kesimpulan dari penelitian diatas yakni: (1) Pemungutan uang dari parkir tidak diberinya karcis atau dokumen yang menandakan bahwa kendaraan tersebut telah di parkir di lahan tersebut sehingga terjadinya pungutan liar, petugas parkir yang tidak profesional dalam memakai atribut parkir dan sanksi administrasi yang diterima ialah pemberhentian dari Dinas yang terkait jika ditemukannya beberapa pelanggaran dari juru parkir tersebut. (2) Masih Kurangnya sarana dan fasilitas dari Dinas terkait serta masih lemahnya kesadaran Hukum masyarakat
Kata Kunci : Pengaturan dan Pelaksanaan Retribusi Pelayanan Parkir


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1802010039
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.Saryono Yohanes, S.H., M.H - 19620712 198902 1 001 - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju, S.H.,M.H - 19610428 198901 1 001 - Penguji 1
Dr. Kotan Y Stefanus,S.H., M.Hum - 196012271987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LOM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA