Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Mentor Dan Anak PPA Dengan Keterampilan Sosial Remaja Di PPA Betlehem IO-722 Oesapa Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Mentor Dan Anak PPA Dengan Keterampilan Sosial Remaja Di PPA Betlehem IO-722 Oesapa Barat

XML

Fase remaja merupakan fase dalam pencapaian identitas diri yang sangat menonjol, pemikiran semakin logis, abstrak dan ideal Memperkenalkan remaja dengan dunia luar sangatlah penting untuk perkembangan kognitif anak. Dengan adanya PPA dapat membentuk keterampilan sosial anak melalui komunikasi antarpribadi, pengajaran dan program yang akan di terapkan sejak anak masuk awal ke PPA hingga anak selesai dan dianggap mampu menjadi pribadi Kristen yang dewasa secara iman, pemikiran dan juga mampu untuk menjadi pemimpin atas dirinya dan orang lain. Dalam hal ini rancangan yang dibuat untuk mengajar dan program yang mencangkup tema, topik dan konsep yang dipelajari, termasuk materi, pengalaman dan proses dimana mentor dalam berinteraksi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan yaitu tujuan perkembangan anak secara holistik yang meliputi sosio-emosi, Intelektual, kerohanian serta fisik (kesehatan jasmani anak). Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Hubungan Komunikasi Interpersonal Mentor dan Anak PPA Kelas Usia 15-18 Tahun dengan Keterampilan Sosial Remaja di PPA Betlehem IO-722 Oesapa Barat. Teori yang digunakan dalam penilitian ini adalah Teori Kredibilitas Sumber. Berdasarkan hasil analisis Korelasi Pearson antara variabel Komunikasi Interpersoal (X) dan Keterampilan Sosial Remaja (Y), diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000< 0.05. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan yang positif antara Komunikasi Interpersonal Mentor Dan Anak PPA Kelas Usia 15-18 Tahun Dengan Keterampilan Social Remaja. Analisis data dengan menggunakan Uji Korelasi Pearson (Product Moment) diperoleh r hitung 0,657. Maka berdasarkan rtable dengan taraf kepercayaan 0,05 (rtable untuk 55 subyek dengan taraf kepercayaan 5% adalah 0,265), diperoleh pengertian bahwa r hitung > r table (0,657>0,265) maka Ha diterima dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan keterampilan social .Berdasarkan hal itu, dapat disimpulkan bahwa tingkat kekuatan hubungan berada pada kategori kuat.Serta, nilai yang positif menunjukkan hubungan yang searah antara Komunikasi Interpersonal dengan Keterampilan Sosial.
Kata kunci : komunikasi interpersonal,mentor dan anak ppa 15-18 tahun,


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Melfri Apriani Suky - Personal Name
Student ID
1903050109
Dosen Pembimbing
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1
LILIWERI ALOYSIUS - 195706191981031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Suk H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA