Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA
XMLPenelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Pre Test – Post Test. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Amabi Oefeto Timur dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang melibatkan 15 orang siswa dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang melibatkan 15 orang siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan secara acak. Instrumen penelitian ini berupa soal tes pemahaman konsep fisika dengan bentuk berupa tes uraian. (1) hasil analisis menggunakan Independent sample t test dalam aplikasi SPSS v29.0 dengan taraf signifikan (α) = 0,05 berkesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dengan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. 2 – tailed sebesar 0,034 dimana nilai ini lebih kecil dari taraf signifikansinya. (2) kemampuan pemahaman konsep fisika siswa yang lebih tinggi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, yang ditunjukkan dari hasil analisis menggunakan Independent Sample t test dalam program SPSS v29.0 dengan taraf signifikan (α) = 0,05, diperoleh nilai sig. 1 tailed sebesar 0,017 dimana hasil ini lebih kecil dari taraf signifikansinya.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ELFRIDUS MARIANO KOMPAS - Personal Name
|
Student ID |
1601050019
|
Dosen Pembimbing |
I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Dosen Pembimbing 1
FAKHRUDDIN - 196812261994031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Ketua Penguji
Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 1 Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Kom P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |