Skripsi
STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK JAGUNG DI UKM SIMA INDAH KELURAHAN SIKUMANA KECAMATAN MAULAFA KOTA KUPANG
XMLUsaha Kecil Mikro (UKM) Sima Indah merupakan industri yang bergerak dalambidang pangan/makanan yang memproduksi cemilan khas NTT dengan bahandasar dari hasil pertanian. Produk unggulan dari UKM Sima Indah yaitu produkolahan jagung dengan varian rasa udang, marning jagung, emping jagung original,dan emping jagung pedas manis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktorinternal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan produk olahanjagung dan merumuskan strategi alternatif pengembangan di UKM Sima Indah.Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif untukmendiskripsikan lingkungan internal dan eksternal. Kemudian merumuskanstrategi penggembangan menggunakan analisis SWOT, matriks SWOT, matriksQSPM, dan kuadran SWOT. Pengumpulan data dilakukan dengan metodewawancara, observasi, dan studi Pustaka. Hasil penelitian menunjukan faktorinternal meliputi bahan baku berkualitas, tenaga kerja terampil, produk yangberkualitas, memiliki varian produk, harga produk terjangkau, proses produksimasih manual, pencatatan administrasi keuangan belum baik, belummemaksimalkan pemasaran online, presepsi pemilik usaha yang masih tradisional,keterbatasan tenaga kerja. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari potensi cakupanpasar luas, hubungan baik dengan pelanggan/konsumen, ketersediaan bahan baku,dukungan pemerintah, permintaan produk meningkat, pesaing produk sejenismulai berkembang, kenaikan harga bahan baku, dampak pandemi covid-19, dancuaca yang tidak menentu. Berdasarkan hasil perhitungan SWOT mendapatkan 10alternatif strategi. Strategi prioritas dari hasil perhitungan matriks QSPM yangdapat diterapkan di UKM Sima Indah yaitu mempertahankan kualitas produkolahan jagung, meskipun harga bahan baku sedang mahal. Sehingga UKM SimaIndah dapat bersaing dengan pesaing produk sejenis. Strategi ini mendapat nilaiTAS tertinggi yaitu 9,43. Alternatif strategi difokuskan pada strategi progresifyang terbentuk dalam kuadran I, untuk memaksimalkan kekuatan yang dimilikiuntuk mendapatkan peluang.
Kata Kunci: Pengembangan, Strategi, Produk Olahan Jagung, SWOT, Matriks QSPM.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SEPTIANCE MBEO - Personal Name
|
Student ID |
1704020292
|
Dosen Pembimbing |
JOHANNA SUEK - 196401291987022001 - Dosen Pembimbing 1
I WAYAN NAMPA - 198303232012121002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Johanna Suek - 196401291987022001 - Ketua Penguji
I Wayan Nampa - 198303232012121002 - Penguji 1 Maximilian M.J. Kapa - 19580714 198403 1 003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
54201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Agrisbisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
542.01 MBE S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |