Komunikasi Korporasi Melalui Pemanfaatan Media Digital (Studi Kasus Pada Kampanye Digital Program Quick Respon Indonesian Standard oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Komunikasi Korporasi Melalui Pemanfaatan Media Digital (Studi Kasus Pada Kampanye Digital Program Quick Respon Indonesian Standard oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur)

XML

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai Largest Digital Economy dengan besarnya potensi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur sebagai bagian dari Bank Sentral ikut mendorong perkembangan ekonomi digital ini dengan mengeluarkan suatu kebijakan mengenai sistem pembayaran menggunakan Quick Response (QR) Code yang selanjutnya disebut Quick Respon Indonesian Standard (QRIS). Dalam rangka menunjang pengoptimalisasian komunikasi lembaga, Bank Indonesia KPW NTT berupaya memanfaatkan ragam teknologi digital untuk memperkenalkan sistem pembayaran yang baru ini kepada masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan komunikasi korporasi lembaga Bank Indonesia KPW NTT melalui pemanfaatan media digital, serta bentuk-bentuk kampanye digital yang dilakukan oleh lembaga Bank Indonesia KPW NTT dalam memperkenalkan QRIS kepada masyarakat. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori new media. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan komunikasi korporasi yang dilakukan oleh lembaga Bank Indonesia KPW NTT mencakupi beberapa tahap, yaitu analisis data yang berbasis future oriented, melakukan pemetaan stakeholders, perencanaan pesan kampanye dan perencanaan metode kampanye evaluasi. Bentuk-bentuk kampanye digital yang dilakukan adalah melalui berbagai media, seperti website resmi Bank Indonesia, channel Youtube BI KPW NTT, media sosial BI KPW NTT dan GenBI NTT, kampanye melalui webinar QRIS, pembuatan video iklan QRIS, dan kampanye melalui ajang perlombaan pembuatan video QRIS secara digital. Kata Kunci : Komunikasi Korporasi, Media Digital, Kampanye Digital, Program QRIS


Detail Information

Item Type
Penulis
Hermina Surya - Personal Name
Student ID
1703050122
Dosen Pembimbing
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Penguji 1
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi, FISIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Sur K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA