UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PRIMA DENGAN BANTUAN MEDIA SARINGAN ERATOSTHENES PADA SISWA KELAS IV SD GMIT NEKE KECAMATAN OENINO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PRIMA DENGAN BANTUAN MEDIA SARINGAN ERATOSTHENES PADA SISWA KELAS IV SD GMIT NEKE KECAMATAN OENINO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Tujuan tercapainya pendidikan dalam pembelajaran matematika adalah salah satunya dengan tercapainya pemahaman konsep matematis siswa. Pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD GMIT Neke menunjukan belum tercapai salah satunya pada materi bilangan prima. Hal ini terjadi karena guru masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga pemahaman konsep siswa kurang dan menyebabkan siswa tidak bisa menyelesaikan suatu masalah matematis. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan prima siswa kelas IV SD GMIT Neke dengan menggunakan media saringan Eratosthenes. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkahl-langkah sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes. Data-data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep pada setiap siklus. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata nilai siswa kelas IV meningkat dari tes kemampuan awal sebesar 52,76 ke siklus I sebesar 76,00 dan siklus II sebesar 85,52. Hasil observarsi aktivitas guru pada siklus I yaitu 91% meningkat menjadi 100% dan observasi aktvitas siswa pada siklus I yaitu 79% meningkat menjadi 100%. Selain itu, dilihat dari peningkatan rata-rata persentase nilai setiap indikator pemahaman konsep matematika dari siklus I ke siklus II yaitu : membedakan contoh serta bukan contoh, terjadi peningkatan sebesar 5%, Menyatakan ulang sebuah konsep, terjadi peningkatan sebesar 15%, Mengelompokan obyek berdasarkan sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya), terjadi peningkatan sebesar 7%, Menerapkan konsep atau algoritma dalam menyelesaikan masalah, terjadi peningkatan sebesar 9%, Menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, terjadi peningkatan sebesar 12%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media saringan Eratosthenes dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan prima siswa kelas IV SD GMIT Neke Kecamatan Oenino Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Kata Kunci: Bilangan prima, saringan Eratosthenes, pemahaman konsep


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
ARIDAI JAMRES UAS - Personal Name
Student ID
1901140299
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Wara Sabon Dominikus,M.Sc - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 1
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 UAS U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA