Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IV B SDI Naibonat

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IV B SDI Naibonat

XML

Skripsi oleh Maria Fatima Nurak NIM 1601140053 Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV B SDI Naibonat. Latar belakang masalah dilakukannya penelitian ini adalah kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan berbagai model dan metode pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah dan menjadi satu-satunya sumber informasi serta jarang menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan pembelajaran yang terjadi kurang efektif dan pencapaian hasil belajar kurang optimal. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan metoode pembelajaran yang mampu menarik minat serta membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran yang salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran discovery learnning. Metode pembelajaran discovery learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam proses kegiatan mental melalui tukar pendapat, dengan berdiskusi, membaca sendiri, mencoba sendiri, agar peserta didik dapat belajar sendiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV B SDI Naibonat ?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat pre experimental designs dengan one group pretest posttest design.Penelitian dilakukan di SDI Naibonat dan mengambil waktu semester genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV (empat) dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV B SDI Naibonat yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum digunakan, telah dilakukan uji validitas, reliabilitas pada instrumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan non tes. Data dianalisis dengan 3 jenis uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitan dan analisis data menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV B SD Naibonat. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa pada postest 85,35 lebih tinggi dari pretest 67,75. Serta hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig ,000 < 0,05 = terdapat pengaruh . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA khususnya pada siswa kelas IV B SDI Naibonat.


Kata Kunci : hasil belajar, discovery learning, IPA


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Fatima Nurak - Personal Name
Student ID
1601140053
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nur P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA