PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI KELOMPOK TANI ( Studi Kasus : Desa Taekas, Kecamatan Miomaffo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara )

Detail Cantuman

Skripsi

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI KELOMPOK TANI ( Studi Kasus : Desa Taekas, Kecamatan Miomaffo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara )

XML

Skripsi ini mengangkat judul “Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Kelompok Tani (Studi Kasus: Desa Taekas, Kecamatan Miomaffo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara), tujuan penelitian skripsi ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan kelompok tani dalam meningkatkan kesejahteraan hidup di Desa Taekas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, penulis melakukan wawancara dan meneliti langsung kegiatan pemberdayaan pada kelompok tani Desa Taekas, pada tanggal 1 Juni sampai 10 Juni 2023. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori Pemberdayaan Menurut Edi Suharto,(2009;6). Hasil penelitian menunjukan Hasil dari kegiatan pemberdayaan adalah masyarakat terutama para anggota kelompok tani dan masyarakat sekitar memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya dalam meningkatkan kesejahteraannya. Di samping itu juga menciptakan masyarakat yang mandiri dalam menjalankan usahanya, Dengan demikian para kelompok tani mampu untuk meningkatkan pendapatannya, ekonomi keluarga membaik, serta mengurangi angka kemiskinan. Pemberdayaan yang telah di lakukan telah memberikan perubahan dalam pengetahuan dan keterampilan. Para anggota kelompok telah banyak tahu tentang usaha dalam pertaniannya, seperti dalam keterampilan dalam menanam sayur, budidaya ikan air tawar, tenun ikat dan para anggota kelompok juga membentuk koperasi simpan pinjam bagi masyarakat umum.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Kelompok Tani, Kesejahteraan Hidup Masyarakat Desa Taekas


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yosef Calasanza Nule - Personal Name
Student ID
1603040044
Dosen Pembimbing
Rex Tiran,S.IP.,M.IP - - Dosen Pembimbing 1
Rouland A. Benyamin, S.Sos.,M.Si - 8827423419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rex Tiran,S.IP.,M.IP - - Ketua Penguji
Rouland A. Benyamin, S.Sos.,M.Si - 8827423419 - Penguji 1
Frans B.Ricky Humau,S.IP.,M.IP - 199101062019031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
67201 ULE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA