PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 20 KUPANG BERDASARKAN HASIL PENGAMATAN OBJEK WISATA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 20 KUPANG BERDASARKAN HASIL PENGAMATAN OBJEK WISATA

XML

Delsivita Rambu Hamu Meha. 1901010120. Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Kelas VIII SMP Negeri 20 Kupang Berdasarkan Hasil Pengamatan Objek Wisata. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dibimbing oleh Labu Djuli dan Semuel Nitbani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi pada siswa VIII SMP Negeri 20 Kupang dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswamelalui penerapan model pembelajaran Jigsaw. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Kupang dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw di kelas VIII SMP Negeri 20 Kupang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi menulis puisi. Pada siklus I siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum berjumlah 11 orang (34,37%) sedangkan siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum berjumlah 21 orang (65,62%). Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 62,75. Pada siklus II siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum berjumlah 26 orang (81,25%) sedangkan siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum berjumlah 6 orang (18,75%). Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus II adalah 79,39. Hasil observasi aktivitas siswa dan observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru pada siklus II berada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi. Penerapan model pembelajaran Jigsaw juga meningkatkan aktivitas (kinerja) siswa dan guru dalam proses pembelajaran.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901010120
Dosen Pembimbing
Labu Djuli - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I Nyoman Reteg - 196001081986011002 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Meh P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA