PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 20 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 20 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar bahasa Indonesia meteri menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 20 Kupang dengan menggunakan model pembelajaran think pair share. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran think pair share. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 20 Kupang dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran think pair share di kelas VIIIA SMP Negeri 20 Kupang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis eksposisi. Pada prasiklus, tidak ada yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada prasiklus adalah 43,8. Dan pada siklus I, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum berjumlah 8 orang(27%) sedangkan siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum berjumlah 22 orang (73%). Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 58,77. Dan pada siklus II siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum berjumlah 24 orang (80%) sedangkan siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum berjumlah 6 orang (20%). Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklsu II adalah 81. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor rata-rata 50 (kategori sangat rendah) dan pertemuan 2 memperoleh skor rata-rata 58,33 (kategori sangat rendah). Sedangkan pada siklus II pertemuan1 memperoleh skor rata-rata 75 (kategori cukup) dan pertemuan 2 memperoleh skor rata-rata 87,5 (kategori tinggi). Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor rata-rata 62,5 (kategori sangat rendah) dan pertemuan 2 memperoleh skor 66,66 (kategori rendah). Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 memperoleh skor rata-rata 81,25 (kategori tinggi) dan pertemuan 2 memperoleh skor rata-rata 91,66 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis eksposisi siswa. Penerapan model pembelajaran think pair share juga meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Marni Santi Mola Kore - Personal Name
Student ID
1901010123
Dosen Pembimbing
Labu Djuli - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Penguji 1
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Kor P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA