Skripsi
Peranan Guru Kelas Sebagai Pembimbing Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN Bertingkat Naikoten
XMLSkripsi oleh Magdalena Lena Kelen, dengan judul “Peranan guru kelas sebagai pembimbing dalam peningkatan minat belajar siswa kelas Vl SDN Bertingkat Naikoten”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bertingkat Naikoten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pola layanan minat belajar siswa SDN Bertingkat Naikoten?, Bagaimana bentuk program bimbingan khusus bagi siswa yang kategori minat belajar rendah?, Bagaimana dampak layanan bimbingan khusus dalam meningkatkan minat belajar siswa yang kategori rendah siswa kelas Vl SDN Bertingkat Naikoten? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pola layanan minat belajar siswa SDN Bertingkat Naikoten, Mendeskripsikan peranan guru dalam mendesain program bimbingan khusus bagi siswa yang ada dalam kategori minat belajar rendah di kelas Vl SDN Bertingkat Naikoten, Mendeskripsikan dampak layanan bimbingan khusus dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas Vl SDN Bertingkat Naikoten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data jumlah informan 6 orang dengan rincian guru kelas 1 orang dan siswa berjumlah 5 orang.
Penelitian ini diadakan di SDN Bertingkat Naikoten kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola layanan minat belajar siswa di SDN Bertingkat Naikoten menunjukkan dalam meningkatkan minat belajar siswa, guru tidak berperan sebagai diktator maupun membebaskan mereka dengan berbagai aktivitas siswa lakukan. menggunakan pola layanan demokratis. Hal ini berdasarkan hasil lapangan yang menunjukkan dalam meningkatkan minat belajar siswa, guru tidak berperan sebagai diktator maupun membebaskan mereka dengan berbagai aktivitas siswa-siswi lakukan. Namun di sini guru bersifat merangkul, membimbing dan motivator, sehingga dapat tercipta hubungan yang harmonis antara guru dengan siswa. Sehingga siswa-siswi dapat meningkatkan minatnya dalam belajar dengan baik.
Peranan guru sudah direalisasikan dengan baik kerena memberikan teladan dan contoh yang baik serta motode pembelajaran yang variasi sehingga memotivasi siswa untuk tetap semangat dalam belajar.
Dampak layanan bimbingan adalah siswa semakin aktif berpikir dan bergerak, dan siswa semakin giat dalam belajar.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peranan guru kelas sebagai pembimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk meningkatkan profesionalitas guru, sehingga guru dapat membawa perannya dengan baik sehingga muda dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Kata kunci : Peranan guru, Pembimbing, Minat belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Magdalena Lena Kelen - Personal Name
|
Student ID |
1601140201
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Kel P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |