Skripsi
PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN DEPAN PASAR INPRES KOTA KALABAHI
XMLRuas Jalan Jendral Sudirman khususnya depan pasar dipilih sebagai lokasi penelitian karena pada ruas jalan ini sering terjadi kemacetan yang diakibatkan oleh tingginya aktifitas samping jalan dimana banyak kendaraan yang berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang, parkir di badan jalan,penyebrang jalan, kendaraan yang keluar masuk ruas jalan dan akibat dari aktifitas pasar yang menyebabkan kepadatan di sekitar ruas Jalan Jendral Sudirman.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas Jalan Jendral Sudirman depan Pasar Inpres Kota Kalabahi, oleh karena itu perlu di lakukan analisa terhadap kinerja ruas jalan untuk memprediksi tingkat arus lalu lintas dan tingkat pelayanan kinerja jalan. Adapun Metode dalam Penelitian ini berpedoman pada PKJI 2014. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada titik pengamatan ruas Jalan Jendral Sudirman, berdasarkan analisis regresi linear berganda menggunakan software SPSS, hubungan faktor kejadian hambatan samping terhadap kapasitas jalan dengan analisis regresi menggunakan tiga metode pemodelan yaitu metode enter, stepwise dan removed, memiliki hubungan yang signifikan secara simultan terhadap parameter yang di uji. Persamaan regresi faktor kejadian hambatan samping (PED, PSV dan EEV) terhadap Kapasitas (C) dengan akurasi r 2 terbaik dan pengujian statistik yang memenuhi syarat secara simultan di dapatkan standar dalam bentuk persamaan regresi y’ = 3117,96 – 1,322 x1 - 0,049 x2 + 0,015 x3 dengan r2 = 83,6 %, Sedangkan model regresi terbaik dengan metode stepwise, berdasarkan hasil output spss dengan mengeluarkan dua variabel independen (PED dan PSV) dan variabel independent yang digunakan yaitu kendaraan keluar masuk (EEV) pengsruh terhadap Kapasitas yang di lihat berdasarkan nilai signifikansinya. Hasil output di dapatkan bentuk persamaan regresi terbaik yaitu, y’ = 3039,146 – 0,906 x3. dan nilai r 2 sebesar 79,6 %. Nilai tingkat pelayanan jalan maksimum adalah 0,82 dengan tingkat pelayan jalan (D) yang menunjukan bahwa kondisi Arus mendekati tidak stabil, kecepatan masih di kendalikan, Q/C masih dapat ditolerir.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Abdul Rahim Lalang - Personal Name
|
Student ID |
1606010151
|
Dosen Pembimbing |
John H. Frans - 197506022001121002 - Dosen Pembimbing 1
Partogi H Simatupang - 197501202000121001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Tri Mardiyati W Sir - 197905062006042001 - Ketua Penguji
JHON H. FRANS - 197506022001121002 - Penguji 1 Partogi H Simatupang - 197501202000121001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
222.01 Lal P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |