PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMBANTU KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS PADA PETANI RUMPUT LAUT DI DESA LOBOHEDE, KECAMATAN HAWU MEHARA, KABUPATEN SABU RAIJUA)

Detail Cantuman

Skripsi

PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMBANTU KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS PADA PETANI RUMPUT LAUT DI DESA LOBOHEDE, KECAMATAN HAWU MEHARA, KABUPATEN SABU RAIJUA)

XML

Penelitian ini berjudul Partisipasi Ibu Rumah Tangga dalam Membantu Kebutuhan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Petani Rumput Laut Di Desa Lobohede, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua). Adapun yang menjadi masalah pokok dalam penelitian ini adalah partisipasi Ibu Rumah tangga dalam membantu suaminya mengelola rumput laut di Desa Lobohede, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua. Peneliti juga ingin melihat sejauh mana partisipasi Ibu Rumah Tangga dalam mengelola rumput laut. Berdasarkan penjelasan diatas maka perlu adanya penelitian terhadap fenomena tersebut yang peneliti lakukan rumput laut menjadi mata pencaharian hampir seluruh masyarakat Desa Lobohede, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana jenis partisipasi Ibu Rumah Tangga dalam membantu kebutuhan ekonomi keluarga melalui rumput laut di Desa Lobohede, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi oleh Keith Davis dalam Fasli Djalal dan Dedi Supriadi yang menekankan di mana partisipasi dapat juga berarti bahwa pembuat keputusan menyarankan kelompok atau masyarakat ikut serta terlibat dalam bentuk penyampaian saran dan pendapat, barang, ketrampilan, bahan dan jasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan informan berjumlah 12 orang, yaitu 6 Ibu Rumah Tangga dan 6 Kepala Keluarga. Teknik penarikan sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik wawancara. Produksi rumput laut di Desa Lobohede, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu rumah tangga ikut berpartisipasi mulai dari praproduksi rumput laut sampai pada pemanenan rumput laut sehingga adanya partisipasi ibu rumah tangga dalam mengelola rumput laut ini ekonomi di rumah tangga tersebut mengalami peningkatan. Saran dalam penelitian ini adalah, pemerintah baik dari tingkat provinsi maupun desa harus lebih memperhatikan keadaan masyarakat Desa Lobohede, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua yang dominannya bermata pencaharian sebagai petani rumput laut.

Kata Kunci: Partisipasi, Ibu Rumah Tangga, Ekonomi, Keluarga


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Tamar Modjo - Personal Name
Student ID
1603030132
Dosen Pembimbing
Hildigardis M. I. Nahak - 197905012006042001 - Dosen Pembimbing 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 1
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Mod P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA