Skripsi
ANALISIS KINERJA PASAR DALAM PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN KUPANG
XMLPetani dalam memelihara ternak dalam kurung waktu kurang dari 6 bulan bahkan lebih dari 1 tahun.Suatu penelitian yang berfokus pada pemasaran ternak sapi potong telah dilaksanakan di Kabupaten Kupang dengan tujuan mengetahui kinerja pasar dalam pemasaran ternak sapi potong. Penelitian ini menggunakan metode survey. Analisis data digunakan adalah analisis kinerja pasar yang terdiri dari analisis farmers share (Fs), analisis margin pemasaran (Mp) dan analisis share keuntungan lembaga pemasaran (Ski). Hasil analisis menunjukkan bahwa margin pemasaran yang terjadi dalam pemasaran ternak sapi di Kabupaten Kupang sebesar Rp4.955.891,25 Margin pemasaran yang timbul dalam pemasaran ternak sapi di Kabupaten Kupang adalah 41,96%. Margin ini terdistribusi di antara petani peternak dan pedagang perantara sebesar 18.44% dan di antara pedagang perantara dengan pedagang antar pulau sebesar 23.52%. Hasil ini mengindikasikan bahwa distribusi margin dalam pemasaran ternak sapi di wilayah ini sudah proporsional. Farmer’s share dalam pemasaran ternak sapi adalah 58.04% dari harga yang dibayar oleh pedagang antar pulau dan dinilai sudah adil.
Kata Kunci: ternak sapi potong, farmers share, margin pemasaran, share keuntungan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yolita Betseba Forah - Personal Name
|
Student ID |
1605030233
|
Dosen Pembimbing |
MATHEOS FILIPUS LALUS - 196002041987031001 - Dosen Pembimbing 1
JOHANES G SOGEN - 196006171987021001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Matheos Filipus Lalus - 196002041987031001 - Ketua Penguji
Johanes G Sogen - 196006171987021001 - Penguji 1 Maria Yasinta Luruk - 19630827198903200 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
54231
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Peternakan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
542.31 For A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |