Penggunaan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas VII SMPN Hoinenokabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas VII SMPN Hoinenokabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Peneliti ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model projectbased learning terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas VII SMPN Hoineno. Penelitian dilaksanakan di SMPN Hoineno tahun ajaran 2022/2023. Metode yang dilakukan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 22 siswa Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini a dalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif ini digunakan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model projectbased learning terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas VII. Adapun langkah-langkah untuk untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa, yaitu jumlah yang diperoleh siswa (∑x) dibagi dengan banyaknya jumlah siswa (n). Sedangkan analisis data kualitatif digunakan untuk memberikan informasi yang menggambarkan peningkatan hasil kinerja guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan model projectbased learning yang diterapkan selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul dari lembar observasi dianalisis kualitatif dalam bentuk persentase (%). Hal ini
menunjukan bahwa hasil siklus 1 yaitu 68%, yang berarti termasuk kategori “cukup” dan belum mencapai ketuntasan klasikal. Sedangkan pada siklus II mencapai hasil 86%, yang berarti termasuk kategori “sangat baik” dan sudah mencapai ketuntasan klasikal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar PPKn pada siswa dapat ditingkatkan dengan penggunaan model projectbased learning. Saran untuk guru melakukan inovasi baru dalam pembelajaran, baik rencana pembelajaran, media pembelajaran, metode maupun model pembelajaran. Dengan adanya inovasi tersebut, maka diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan menerapkan model pembelajaran projectbased learning pada siswa SMPN Hoineno, sebagai alternatif dalam pembelajaran di kelas, khususnya pembelajaran PPKn.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nofice H. Missa - Personal Name
Student ID
1601070086
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 19591211986011002 - Dosen Pembimbing 1
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewaraganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Isa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA