PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED ORGANIZING LEAFLET DISCOVERY PADA SISWA SMKN OEOLO TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED ORGANIZING LEAFLET DISCOVERY PADA SISWA SMKN OEOLO TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimakah cara meningkatkan hasil belajar sejarah kelas X Teknik Instalasi Listrik SMK Negeri Oeolo dengan menggunakan model pembelajaran Guided Organizing Leaflet Discovery?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Guided Organizing Leaflet Discovery di kelas X Teknik instalasi litrik di SMK Negeri Oeolo. Metode penelitian yang digunakan berpedoman pada penelitian tindakan kelas. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMK Negeri Oeolo dengan titik fokus penelitian pada kelas X jurusan Teknik Instalasi Listrik serta subjek dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil observasi dan analisis nilai siswa sebelum peneliti menerapkan model pembelajaran GOLD dari 23 siswa, terdapat 10 siswa yang nilainya tuntas dengan presentase 43,47% sedangkan 13 siswa yang belum mencapai standar KKM dengan presentase 56,52%. Penerapan model pemebelajaran GOLD (Guided/Bimbingan, Organizing/Pengorganisasian, Leaflet /Lembar Balik, Discovery /Penemuan) dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X Teknik Instalasi Listrik SMK Negeri Oeolo. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I dari 23 siswa terdapat 6 orang yang belum tuntas dan 17 siswa yang sudah tuntas sehingga diperoleh presentase 75,8% dengan kategori tinggi kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II dari 23 siswa terdapat 1 orang yang belum tuntas dan 22 siswa yang sudah tuntas sehingga diperoleh presesntase 95% dengan kategori sangat tinggi.

Kata kunci : Model GOLD, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA FATIMA BINSASI - Personal Name
Student ID
1901090074
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 1
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 ASI
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA