Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pencak Silat Pada Siswa Kelas V SD Inpres Fatufeto 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pencak Silat Pada Siswa Kelas V SD Inpres Fatufeto 1 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar pencaharian silat pada siswa kelas V SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang. PBL adalah pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam memecahkan masalah nyata, yang dapat mendorong pemahaman yang lebih mendalam dan penerapan konsep
dalam konteks praktis. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen pra-post dengan desain kelompok kontrol tunggal. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas V di SD Inpres Fatufeto 1, dengan sebagian siswa menerima pembelajaran berbasis PBL dan sebagian lainnya menerima pembelajaran konvensional.
Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes pengetahuan dan keterampilan pencaharian silat sebelum dan setelah perlakuan pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis PBL mengalami peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil ini mengindikasikan bahwa penerapan metode PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam pencaharian silat. Selain itu, umpan balik dari siswa dan guru juga mengindikasikan penerimaan positif terhadap metode pembelajaran ini.
Kesimpulannya, penerapan metode Problem Based Learning (PBL) berpotensi memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan hasil belajar pencaharian silat pada siswa kelas V SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang. Oleh karena itu, disarankan agar metode PBL lebih lanjut diintegrasikan ke dalam kurikulum dan strategi pembelajaran untuk mengoptimalkan pengalaman belajar siswa dalam konteks keterampilan tradisional seperti pencaharian silat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Risal Arit Fandi Djita - Personal Name
Student ID
1601150056
Dosen Pembimbing
Lukas M. Boleng - 199507301984031002 - Dosen Pembimbing 1
Al Ihzan Tajuddin - 199004022019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ronald D.A. Fufu - 199210132019031012 - Ketua Penguji
Lukas M. Boleng - 199507301984031002 - Penguji 1
Al Ihzan Tajuddin - 199004022019031012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
85201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
852.01 Ita P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA