ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN DINI PERKERASAN LENTUR DAN PENGARUH TERHADAP BIAYA PENANGANAN DI KABUPATEN ALOR (Studi Kasus : Ruas Jalan Luter Maarang, Kec. Teluk Mutiara )

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN DINI PERKERASAN LENTUR DAN PENGARUH TERHADAP BIAYA PENANGANAN DI KABUPATEN ALOR (Studi Kasus : Ruas Jalan Luter Maarang, Kec. Teluk Mutiara )

XML

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bagian pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukan bagi lalu lintas. Perkerasan jalan akan mempunyai kinerja yang baik, bila perencanaan di lakukan dengan baik dan seluruh komponenkomponen utama dalam sistem perkerasan berfungsi dengan baik. Kabupaten Alor khususnya di ruas Jalan Luter Maarang merupakan jalan provinsi, fungsi jalan kolektor, dan berada pada kelas II yang menjadi titik tinjuan dimana di lakukan perbaikan kembali (overlay) khususnya pemeliharaan berkala pada tahun 2018, dan sudah mengalami kerusakan di tahun 2020. Umur rencana jalan tersebut 10 tahun, dengan panjang segmen jalan 1,052 km. Oleh karena itu di perlukan pemeliharaan terhadap badan jalan, sehingga dalam pemeliharaan jalan dapat di sesuaikan biaya total penanganan jalan. Metode yang di gunakan adalah Metode Bina Marga 2011, yang di dalamnya menjelaskan Metode Surface Distress Index (SDI) untuk mengetahui tingkat kerusakan jalan dan menggunakan Metode Analisa SNI untuk menghitung biaya total pemeliharan perkerasan jalan. Dari hasil penelitian Jalan Luter Maarang km 4 – 5,052 memiliki beberapa jenis kerusakan perkerasan yaitu Lubang (0.058%), Retak Selip (1,131%), retak pinggir (0,404%), retak kulit buaya (1,687%), jembul (0.141%), pelepasan butiran (0,222%), retak sambungan jalan (0,174%), retak refleksi (0,007%) dan amblas (1,177). Berdasarkan hasil metode SDI menunjukan bahwa nilai SDI terendah terdapat pada segmen 2 Sta 0+100 – 0+200 - 11 Sta 1+ 000 – 1+052 dengan nilai SDI 50 kondisi jalan sedang dan nilai SDI tertinggi terdapat pada segmen 1 Sta 0+000 – 0+100 dengan nilai SDI 110 kondisi jalan rusak ringan, sedangkan nilai SDI rata-rata adalah 55,45 kondisi jalan sedang. menurut Metode Analisa SNI rencana anggaran biaya pemeliharaan sebesar Rp. 380.580.000,00 dengan jenis penanganan berupa patching dengan luas kerusakan 15,37 % atau 646,59 m2.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Abdul Rahman Lalang - Personal Name
Student ID
16060101052
Dosen Pembimbing
ANDI KUMALAWATI - 196310301994122001 - Dosen Pembimbing 1
I MADE UDIANA - 196201101989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Elsy E Hangge - 198103102005012001 - Ketua Penguji
Andi Kumalawati - 196310301994122001 - Penguji 1
I Made Udiana - 196201101989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 Lal A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA