ANALISIS FUNGSI DIAKONIA GEREJA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN JEMAAT MELALUI KEGIATAN MIKRO EKONOMI (Studi Kasus Pada Koperasi Ranaka di Gereja Bethesda Maulafa)

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS FUNGSI DIAKONIA GEREJA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN JEMAAT MELALUI KEGIATAN MIKRO EKONOMI (Studi Kasus Pada Koperasi Ranaka di Gereja Bethesda Maulafa)

XML

udul yang diangkat dalam penelitian ini adalah ANALISIS FUNGSI DIAKONIA GEREJA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN JEMAAT MELALUI KEGIATAN MIKRO EKONOMI (Studi Kasus Pada Koperasi Ranaka di Gereja Bethesda Maulafa). Gereja adalah institusi agama yang mempunyai fungsi dan peran untuk mengajarkan nilai-nilai kekristenan beserta aturan-aturannya, gereja juga mempunyai tanggung jawab sosial untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat terutama masalah sosial yang dialami oleh anggota gereja. Sebagai bagian dari masyarakat gereja harus ikut serta dalam meningkatkan kesejahteraan jemaat karena mempunyai pengaruh yang besar terhadap masyarakat bauk secara langsung maupun tidak langsung. Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi diakonia gereja dalam meningkatkan kesejahteraan jemaat melalui kegiatan mikro ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis fungsi dan dampak diakonia gereja dalam meningkatkan kesejahteraan jemaat melalui kegiatan mikro ekonomi di GMIT Bethesda Maulafa (Pada Koperasi Ranaka). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif serta teknik penarikan informan menggunakan teknik purposive sampling. Menggunakan Teori Tindakan Sosial Max Weber. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang merupakan jemaat gereja bethesda maulafa sekaligus anggota Koperasi Ranaka. Hasil penelitian ditemukan fungsi diakonia gereja dalam meningkatkan kesejahteraan jemaat sebagai berikut: menyediakan modal usaha, pelatihan kewirausahaan dan manajemen keuangan, pendampingan, memberikan akses ke pasar yang lebih luas dan dampak diakonia gereja dalam meningkatkan kesejahteraan jemaat melalui kegiatan mikro ekonomi adalah sebagai berikut: memperoleh pendapatan tambahan, memperkuat solidaritas dan kebersamaan antar anggota, pembangunan komunitas dan menciptakan lingkungan dimana anggotanya saling mendukung satu sama lain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa koperasi ranaka merupakan salah satu bentuk kegiatan mikro ekonomi di gereja bethesda maulafa yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan jemaatnya melalui koperasi ranaka jemaat dapat mengembangkan keterampilan dan potensi ekonomi mereka serta memperoleh akses ke sumber daya dan modal yang diperlukan untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi tingkat kemiskinan. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan peningkatan pelatihan dan pendampingan kepada anggota koperasi, kerja sama dengan institusi keuangan, peningkatan jaringan dan pemasaran hasil usaha anggota.

Kata Kunci : Diakonia, Gereja, Kesejahteraan, Jemaat dan Mikro Ekonomi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sory Fitrison Elia - Personal Name
Student ID
1603030061
Dosen Pembimbing
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 1
Jeny M Ataupah - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Ketua Penguji
Jeny M Ataupah - - Penguji 1
Yeheskial Adriaan Roen - 198110012009121006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Eli A
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA