Problematika Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Sosiologi Pembelajaran Tatap Muka Pada Guru Dan Siswa Kelas 3 di SD Negeri Balfai Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Problematika Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Sosiologi Pembelajaran Tatap Muka Pada Guru Dan Siswa Kelas 3 di SD Negeri Balfai Kupang)

XML

Penelitian ini berjudul “Problematika Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Sosiologi Pembelajaran Tatap Muka Pada Guru Dan Siswa Kelas 3 Di SD Negeri Balfai Kupang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan proses pembelajaran karena pandemic covid-19. Perubahan ini tidak hanya mempengaruhi pembelajaran daring menjadi tidak efektif tetapi ikut mempengaruhi pembelajaran tatap muka pasca pandemic covid-19. Perubahan ini memaksa guru dan peserta didik untuk beradaptasi kembali dengan perubahan pembelajaran yang mengakibatkan munculnya kebiasaan baru di kalangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana problematika pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19 di SD Negeri Balfai Kupang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori adaptasi sosial menurut Kalervo Oberg. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yaitu purposive sampling yaitu informan yang dipilih berkaitan erat dengan masalah yang dipilih dan dianggap paling tahu. Informan dalam penelitian ini brjumlah 12 orang yang terdiri dari 6 orang guru, 5 orang siswa dan kepala sekolah SD Negeri balfai. sumber data penelitian ini yaitu data primer guru-guru dan siswa kelas 3 di SD Negeri Balfai dan data sekundernya adalah data dan dokumen SD Negeri Balfai yang kemudian dianalisis menggunakan tiga tahap diantaranya reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat beberapa problematika yang dialami guru maupun siswa dalam pembelajaran tatap muka pasca pandemi yang disebabkan karena pembelajaran daring yang tidak efektif selama masa pandemi covid-19 sehingga mempengaruhi pembelajaran tatap muka yaitu pertama kesulitan beradaptasi kembali ke pembelajaran tatap muka. Karena terbiasa dan keenakan melaksanakan pembelajaran daring selama 2 tahun guru maupun siswa kesulitan untuk beradaptasi kembali ke pembelajaran tatap muka. kedua menurunya semangat siswa dalam membaca dan menulis. Saat pembelajaran tatap muka kembali dilaksanakan banyak siswa yang sudah lupa cara membaca dan menulis sehingga guru terpaksa mengulang kembali pelajaran membaca dan menulis. ketiga guru kesulitan menghadapi karakter siswa. perubahan karakter siswa yang kurang disiplin dalam pembelajaran. keempat siswa mengalami ketertinggalan dalam pembelajaran. Pembelajaran yang kurang efektif selama masa pandemi covid-19 menyebabkan banyak siswa yang tidak memahami pembelajaran dengan baik sehingga pembelajaran yang seharusnya sudah disampaikan terpaksa diulang kembali. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu problematika yang dialami oleh guru dan siswa kelas 3 di SD Negeri Balfai kupang yang disebabakan karena pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang membawa kebiasaan baru bagi peserta didik dalam belajar sehingga hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk mengembalikan fokus belajar siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu sekolah harus meningkatkan kreatifitas dan metode dalam pembelajaran agar suasana pembelajaran lebih menyenangkan sehingga siswa bisa cepat beradaptasi kembali.
Kata Kunci: Problematika Pembelajaran Tatap Muka Pasca Covid-19


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yasinta Nastiana Indus - Personal Name
Student ID
1703030104
Dosen Pembimbing
HOTLIF ARKILAUS NOPE - 197711242005011002 - Dosen Pembimbing 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Ketua Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 1
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ind P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA