Skripsi
Masalah Sosial Dalam Proses Pembelajaran Daring (Studi Kasus Siswa-Siswi SMA Santo Arnoldus Janssen, Kelurahan Tuak Daun Merah, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang)
XMLSistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Sistem daring ini tidak berjalan dengan baik hal ini menjadi polemik atau masalah bagi guru maupun siswa. Maka Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah masalah sosial yang terjadi dalam proses pembelajaran daring?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis masalah sosial yang terjadi dalam proses pembelajaran daring di SMA Santo Arnoldus Janssen Kupang. Teori yang digunakan adalah teori struktural fungsional dari Talcott Parson. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi lapangan, dokumentasi dan studi literatur. Teknik penentuan informan menggunakan metode purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi kelas XI-XII berjumlah 5 orang dan guru mata pelajaran berjumlah 5 orang. Lokasi penelitian di SMA Santo Arnoldus Janssen Kelurahan Tuak Daun Merah, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran daring di SMA Santo Arnoldus Janssen mengalami masalah sosial baik pihak guru maupun siswa antara lain kurangnya perhatian siswa dalam proses belajar mengajar daring, kurangnya partisipasi dan respon siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar daring, tidak mengakses aplikasi belajar mengajar, keterbatasan guru dalam melakukan kontrol saat berlangsungnya pembelajaran daring, semangat belajar rendah, jaringan internet yang tidak stabil, paket internet terbatas, kurang dampingan dari orangtua dan kurangnya konsentrasi siswa saat proses pembelajaran daring. Kesimpulan pandemi memberi dampak terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satu aspek yang terdampak pandemi covid-19 yaitu aspek pendidikan. Proses pembelajaran daring menimbulkan berbagai masalah yang menyebabkan hasil kurang optimal. Saran bagi guru agar tetap selalu membimbing dan mendampingi dengan sabar serta membuat proses belajar mengajar lebih menarik sehingga siswa-siswi lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Bagi siswa-siswi di harapkan mampu menemukan ilmu pengetahuan dari internet selain dari materi yang di sampaikan guru dan siswa-siswi dapat mencari bahan ajar sendiri dari internet untuk membantu memahami mata pelajaran yang diberikan guru.
Kata Kunci: Masalah Sosial, Guru, Siswa, Pembelajaran Daring.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Elvina Moi - Personal Name
|
Student ID |
1703030051
|
Dosen Pembimbing |
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Ketua Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 1 Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
69201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Sosiologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
692.01 Moi M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |