PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR

XML

Skripsi ini membahas tentang pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar. Skripsi ini dilatar belakangi oleh pandangan mayoritas siswa bahwa pelajaran matematika yang sulit dan penguasaan siswa terhadap pelajaran matematika yang masih rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Guru berperan penting dalam mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran, oleh karena itu guru harus mampu memilih dan menggunakan model-model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, serta metode pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan materi yang akan dipelajari. Dalam penelitian ini salah satu pendekatan yang disarankan untuk digunakan dalam mengajarkan matematika di jenjang sekolah dasar adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) yang merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan realitas lingkungan dengan situasi kehidupan yang dipahami oleh siswa untuk memperlancar proses pembelajaran matematika.
Penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa/I kelas IVA SDI Naimata Kota Kupang tahun ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil belajar dianalisis menggunakan uji prasyarat normalitas menggunakan Shapiro wilk dan uji homogenitas menggunakan levene test serta uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test melalui bantuan software SPSS v. 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Matematika Realistik memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, dimana nilai signifikansi (2-tailed) 0,000<0,05. Hasil nilai t_hitung (22,035)>t_tabel (2,086) dengan taraf nyata 5%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Enjelina Adriwati - Personal Name
Student ID
1901140289
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Ketua Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Adr P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA