Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Liman

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Liman

XML

Skripsi oleh sufryani Teftae NIM. 1901140090 Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Liman” Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada materi siklus hidup makhluk hidup kelas IV SD Inpres Liman. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni kuantitatif dan kualitatif dengan subyek 20 orang dengan rincian siswa laki-laki 11 orang dan siswa perempuan 9 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Liman Kecamatan Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, dari 20 siswa sebanyak 9 siswa yang tuntas (45%) karena siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik, bekerja sama dengan teman kelompok, tidak mengganggu teman, serta mepresentasikan hasil kerja kelompok. 11 siswa lainnya (55%) belum mencapai standar ketuntasan karena tidak memperhatikan penjelasan guru, belum mampu mengajukan pertanyaan, bermain dengan teman, tidak bekerja sama, serta tidak memanfaatkan waktu dengan baik dalam mengerjakan LKPD. Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan guru pada siklus I yakni guru belum mampu memberikan penjelasan tentang materi metamorfosis hewan yang tidak sempurna dan contoh yang lebih detail, media yang digunakan guru belum sesuai dengan karakter siswa, guru tidak membimbing siswa secara individual mengenai langkah-langkah tes. Dan guru belum nampak memberikan kesimpulan mengenai materi yang dipelajari. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat, yakni dari 20 siswa terdapat 18 siswa tuntas (90%) karena selalu memperhatikan penjelasan guru, bekerja sama dengan teman kelompok dan tidak menggangu teman.. sedangkan 2 siswa lainnya belum tuntas (10%) karena masih bermain dengan teman, tidak mendengarkan penjelasan guru serta tidak mau bekerja sama dengan teman kelompok. Adapun kelebihan guru pada siklus II yakni guru sudah mampu menguasai kelas , mengelola dan mengatur kegiatan pembelajaran dengan baik sesuai model Problem Based Learning dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran tentang siklus hidup makhluk hidup dapat meningkatkan hasil siswa sesuai dengan criteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.

Kata kunci : Model PBL, Siklus hidup, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SUFRYANI TEFTAE - Personal Name
Student ID
1901140090
Dosen Pembimbing
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
maxel koro - - Penguji 1
Margaretha Djokaho - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TEF P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA