Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oerantium

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oerantium

XML

ABSTRAK
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oerantium

Putri Rahayu Ningsih (1601140188), Pembimbing I Dr. Damianus D. Samo, M.Si; Pembimbing II, Martha K. Kota, S.Pd,M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan, dan mendeskripsikan faktor penyebab adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Oerantium sebanyak 3 siswa (berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah). Instrumen utama dalam penilitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukungnya soal tes cerita matematika materi pecahan dan pedoman wawancara. Data tertulis dianalisis secara kualitatif menggunakan 5 indikator dan divalidasi menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan subjek dengan kemampuan matematika tinggi mengalami kesulitan dalam membuat model penyelesaian, dan kesulitan dalam menyusun kalimat kesimpulan. Subjek kemampuan matematika sedang mengalami kesulitan dalam membuat model penyelesaian, kesulitan dalam berhitung, dan kesulitan dalam menyusun kalimat kesimpulan. Subjek kemampuan matematika rendah mengalami kesulitan dalam membaca, kesulitan dalam memahami soal, kesulitan dalam membuat model penyelesaian, kesulitan dalam berhitung, dan kesulitan dalam menyusun kalimat kesimpulan. Terdapat tiga faktor yang menyebabkan adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan yakni 1) kesulitan memahami masalah dalam soal, 2) belum memahami konsep dan operasi hitung, dan 3) lupa bingung dan tidak teliti.

Kata kunci : Analisis kesulitan, Soal cerita, Pecahan








ABSTRACT
Analysis of Students' Difficulties in Solving Fractions Word Problem for Fourth Grade Students of SD Negeri Oerantium

Putri Rahayu Ningsih (1601140188), Advisor I Dr. Damianus D. Samo, M.Si; Advisor II, Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd

This study aims to describe students' difficulties in solving math story problems with fractions, and describe the factors that cause students' difficulties in solving math story problems with fractions.
This research is a qualitative descriptive study with the research subjects of 4th grade students of SD Negeri Oerantium as many as 3 students (high, medium, and low abilities). The main instrument in this study was the researcher himself and the supporting instruments were fractional math story test questions and interview guidelines. Written data were analyzed qualitatively using 5 indicators and validated by triangulation technique.
The results of this study indicate that subjects with high mathematical abilities have difficulty in making models of completion, and difficulties in compiling conclusion sentences. The subject of mathematical ability is having difficulty in making a model of completion, difficulty in counting, and difficulty in compiling conclusion sentences. Subjects with low mathematical ability have difficulty in reading, difficulty in understanding questions, difficulty in making a model of completion, difficulty in counting, and difficulty in compiling conclusion sentences. There are three factors that cause students' difficulties in solving fractional story problems, namely 1) difficulty understanding the problem in question, 2) not understanding concepts and arithmetic operations, and 3) forgetting to be confused and not careful.

Keywords : Difficulty analysis, Story questions, Fractions


Detail Information

Item Type
Penulis
PUTRI RAHAYU NINGSIH - Personal Name
Student ID
1601140188
Dosen Pembimbing
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nin A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA