PARADOKS DEMOKRASI DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI TINGKAT LOKAL (Studi Kasus Pembangunan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan)

Detail Cantuman

Skripsi

PARADOKS DEMOKRASI DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI TINGKAT LOKAL (Studi Kasus Pembangunan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan)

XML

Penelitian ini ingin mencari tahu mengenai konsolidasi nilai demokrasi substantif di tingkat lokal melalui pembangunan infrastruktur, yakni dalam studi kasus ini adalah pembangunan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan paradoks demokrasi yang terjadi dalam pembangunan Bendungan Temef, di mana terdapat konsolidasi serta dekonsolidasi nilai demokrasi substantif yang terjadi pada saat yang bersamaan. Teori yang digunakan adalah teori Rentier State dari Michael Ross untuk melihat efek anti-demokrasi dalam proses pembangunan Bendungan Temef. Selain itu, studi ini juga menggunakan teori Governmentality dari Michael Foucault dan teori hegemoni dari Gramsci untuk melihat relasi kuasa antara pemerintah dan masyarakat serta internalisasi pengetahuan dan nilai-nilai budaya dalam ruang demokrasi pembangunan Bendungan Temef. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data antara lain dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikkan bahwa pembangunan infrastruktur belum bisa mengonsolidasi nilai demokrasi substantif di tingkat lokal. Hal ini karena terdapat dekonsolidasi demokrasi yang terjadi pada saat yang bersamaan dalam proses pembangunan infrastruktur tersebut. Dalam studi kasus pembangunan Bendungan Temef, terdapat isu ganti rugi lahan yang belum dibayarkan kepada masyarakat. Selain itu juga ditemukan internalisasi pengetahuan dan nilai-nilai budaya dalam ruang demokrasi yang membuat relasi kuasa antara pemerintah dan masyarakat menjadi tidak seimbang.
Kata Kunci: Demokrasi, Infrastruktur, Paradoks.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Salomo Zakharia Tungga - Personal Name
Student ID
1903040133
Dosen Pembimbing
RUDI ROHI - 197709142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Yonatan Lopo - 19911031 202012 1 008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rudi Rohi - 197709142008121001 - Ketua Penguji
Yonatan Lopo - 19911031 202012 1 008 - Penguji 1
Ahmad Atang - 0805026501 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Tun P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA