DEMOKRASI DIGITAL MENUJU PEMILIHAN WALI KOTA KUPANG TAHUN 2024 ( STUDI KASUS KONSOLIDASI DUKUNGAN JALUR PERSEORANGAN MELALUI PENGUMPULAN KTP UNTUK JERIKO OLEH TEMAN JERIKO)

Detail Cantuman

Skripsi

DEMOKRASI DIGITAL MENUJU PEMILIHAN WALI KOTA KUPANG TAHUN 2024 ( STUDI KASUS KONSOLIDASI DUKUNGAN JALUR PERSEORANGAN MELALUI PENGUMPULAN KTP UNTUK JERIKO OLEH TEMAN JERIKO)

XML

Penelitian ini ingin menjelaskan tentang demokrasi. Demokrasi ini dapat dilihat melalui konsolidasi dukungan jalur perseorangan dengan mengumpulkan KTP yang dilakukan melalui platform Wordpress dengan website teman Jeriko. Untuk itu penelitian ini mengangkat studi kasus konsolidasi dukungan jalur perseorangan melalui pengumpulan Ktp untuk Jeriko oleh teman Jeriko menuju Pemilihan Wali Kota Kupang tahun 2024. Dukungan jalur perseorangan untuk Jeriko oleh teman Jeriko dilakukan di ranah virtual melalui platform Wordpress. Penelitian ini juga melihat partisipasi masyarakat menjelang pemilihan Walikota Kupang 2024 dan tingkat partisipasi masyarakat, serta siapa saja aktor-aktor di dalamnya. Studi ini meminjam konsep partisipasi dari Vaneklasen & Miller (2006) dan Van Deth (2016). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa demokrasi pada konsolidasi dukungan jalur perseorangan yang dilakukan oleh Teman Jeriko untuk Jeriko yang dilakukan di ranah virtual melalui platform wordpress merupakan demokrasi digital prosedural. Demokrasi digital dibuktikan dengan pergeseran demokrasi dari demokrasi offline menjadi demokrasi online (virtual). Tingkat partisipasi masyarakat terjadi karena adanya insentif material dan mobilisasi dari pihak eksternal. Partisipasi cenderung terjadi karena mobilisasi disebabkan oleh dorongan atau ajakan dari pihak eksternal dalam penelitian ini yaitu teman-teman Jeriko. Peneliti menemukan bahwa partisipasi masyarakat tidak hanya dilihat melalui hasil pemilu, namun partisipasi masyarakat juga terjadi dalam proses pemberian dukungan dalam penelitian ini kepada calon perseorangan.
Kata Kunci : Demokrasi, Digital, dan Partisipasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Marselina Alfionita Mere - Personal Name
Student ID
1903040001
Dosen Pembimbing
RUDI ROHI - 197709142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rudi Rohi - 197709142008121001 - Ketua Penguji
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Penguji 1
Monika wutun, S.Sos.M.I.Kom - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Mer D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA