Perancangan Manga & Anime Center Di Kota Kupang Dengan Pendekatan Arsitektur Modern

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Manga & Anime Center Di Kota Kupang Dengan Pendekatan Arsitektur Modern

XML

Manga dan anime merupakan kebudayaan Jepang yang telah banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan usia, di karenakan penggambaran dan jalan ceritanya yang unik.
Adapun permasalahan yang diangkat pada perancangan ini yaitu belum tersediannya suatu sarana di kota Kupang untuk memudahkan dalam mencari update terbaru manga dan anime juga sebagai wadah dalam mengadakan event terkait. Tujuan utama perancangan yaitu mengahasilkan desain bangunan yang mampu mewadahi aktifitas penggunanya dengan memperhatikan fungsi dari bangunan itu sendiri, maka dari itu di terapkanlah pedekatan arsitektur modern agar dapat mewujudkan tujuan utama perancangan tersebut.
Metode yang digunakan dalam perancangan adalah melakukan obeservasi lapangan untuk mengumpulkan data, serta studi literatur dan studi banding objek yang menyangkut faktor teknis dan persyaratan bangunan yang mempengaruhi desain perancangan. Kemudian melakukan identifikasi aspek yang akan diterapkan sesuai dengan kriteria rancangan yang akan dicapai. Dari permasalahan yang di peroleh selanjutnya dianalisis sehingga mengahasilkan konsep perancangan berdasarkan pendekatan arsitektur modern.
Hasil laporan berupa konsep perancangan dan penerapan arsitektur modern yang didasarkan pada prinsip utamanya yaitu fungsional dan efisiensi. Fungsional berarti bangunan tersebut benar-benar mampu mewadahi aktifitas penghuninya dengan mengoptimalkan pembagian ruang juga memperhatikan nilai estetik dan fungsi dari ornamen yang di gunakan, sedangkan efisiensi akan diterapkan dalam hal efisiensi biaya, efisiensi waktu pengerjaan dan efisiensi energi listrik pada bangunan, sebagai pedoman untuk melajutkan perancangan Manga dan Anime center di kota Kupang.
Kata kunci: Perancangan, Manga, Anime, Center, Arsitektur metafora


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1606090048
Dosen Pembimbing
ROSVITAYATI UMBU NDAY - 198702252014042001 - Dosen Pembimbing 1
THOMAS K. DIMA - 8829523419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rosvitayati Umbu Nday - 198702252014042001 - Ketua Penguji
THOMAS K. DIMA - 8829523419 - Penguji 1
Theodora Murni C. Tualaka, ST., M Arch - 199103212019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 FAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA