DAMPAK BUDAYA PATRIARKI TERHADAP TOXIC MASCULINITY DI NUSA TENGGARA TIMUR (STUDI FENOMENOLOGI TOXIC MASCULINITY PADA GENERASI Z)

Detail Cantuman

Skripsi

DAMPAK BUDAYA PATRIARKI TERHADAP TOXIC MASCULINITY DI NUSA TENGGARA TIMUR (STUDI FENOMENOLOGI TOXIC MASCULINITY PADA GENERASI Z)

XML

Dalam masyarakat yang memegang teguh nilai patriarki, ternyata toxic masculinity masih marak terjadi. Sehingga toxic masculinity secara tidak langsung telah memberikan dampak yang negatif baik bagi laki-laki maupun perempuan sebagai generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak budaya patriarki terhadap toxic masculinity di Nusa Tenggara Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif khususnya Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Partisipan dalam penelitian ini adalah 5 orang generasi Z yang berasal dari beragam suku di Nusa Tenggara Timur diantaranya Manggarai Barat, Lembata, Adonara, Sumba Timur, dan Timor. Dengan rincian 3 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Hasil analisis ditemukannya lima tema utama diantaranya; makna budaya patriarki oleh generasi Z; makna toxic masculinity oleh generasi Z; bentuk budaya patriarki; budaya patriarki dan toxic masculinity yang tercermin kedalam dua sub tema, yakni perbedaan peran dalam sektor domestik dan publik dan laki-laki pantang mengekspresikan perasaan tertentu; dan dampak budaya patriarki terhadap toxic masculinity pada generasi Z tidak hanya memberikan dampak yang negatif saja, melainkan terdapat juga dampak yang positif. Dampak yang negatif terdiri dari, kekerasan dalam rumah tangga, takut untuk menjalin hubungan yang serius, sulit untuk menolak, dan membanggakan diri secara berlebihan. Sedangkan untuk dampak positifnya yakni meningkatkan kemampuan berkomunikasi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
OKTAVIANA SERAVIM - Personal Name
Student ID
1907020055
Dosen Pembimbing
INDRA YOHANES KILING - 198706192018031001 - Dosen Pembimbing 1
Mernon Y. C. Mage - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Indra Yohanes Kiling - 198706192018031001 - Ketua Penguji
Mernon Y. C. Mage - - Penguji 1
Noorce Ch. Berek - 197911172005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
73201
Edisi
Published
Departement
Psikologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
732.01 Ser O
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA