PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI TINDAKAN HEROIK MENDUKUNG PROKLAMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD INPRES KUANHEUM

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI TINDAKAN HEROIK MENDUKUNG PROKLAMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD INPRES KUANHEUM

XML

Skripsi oleh, Loni Surya Malaykari, Nim 1901140382, PGSD tahun 2023 dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Tindakan Heroic Mendukung Proklamasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Inpres Kuanheum”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi tindakan heroic mendukung proklamasi melalui model pembelajaran Talking Stick di kelas V SD Ipres Kuanheum. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Kuanheum yang berjumlah 31 orang terdiri dari 12 laki – laki dan 19 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I dari jumlah siswa 31 orang yang tuntas 24 orang dengan presentase 77,42%. Aktivitas guru siklus I mencapai 75% dengan kategori baik. Aktivitas siswa mencapai 64,52% dengan kategori baik. Ketidakberhasilan belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh faktor kurangnya kemampuan guru dalam pengelolaan kelas serta kurangnya perhatian siswa selama proses pembelajaran. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 31 orang dengan presentase 100%. Aktivitas guru siklus II meningkat menjadi 93,05% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa 100% dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka, pembelajaran tentang tindakan heroik mendukung proklamasi melalui model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 100% dengan demikian penggunaan model pembelajaran Talking Stick berhasil.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar, Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Loni Surya Malaykari - Personal Name
Student ID
1901140382
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 MAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA