Makna Pemberian Nama Pada Bayi Menurut Masyarakat Suku Abui Di Desa Fanating Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Makna Pemberian Nama Pada Bayi Menurut Masyarakat Suku Abui Di Desa Fanating Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana latar belakang pemberian nama pada bayi menurut masyarakat Suku Abui di Desa Fanating?; (2) bagaimana makna pemberian nama pada bayi menurut masyarakat Suku Abui di Desa Fanating? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan latar belakang pemberian nama pada bayi menurut masyarakat Suku Abui di Desa Fanating; (2) untuk mendeskripsikan makna pemberian nama pada bayi menurut masyarakat Suku Abui di Desa Fanating.
Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu meneliti suatu objek dengan menghimpun, menggambarkan dan menganalisis data dan fakta serta menarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh peneliti setelah melakukan penelitian di lapangan. Data ini kemudian disajikan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga dapat mudah dipahami.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang dalam pemberian nama masyarakat Suku Abui terdiri atas religius, budaya dan juga peradaban. Religius dalam latar belakang pemberian nama artinya nama yang diberikan oleh orang tua memiliki makna baik yang dapat berupa sebuah doa dan harapan dari orang tua. Budaya dalam pemberian nama artinya suatu kebiasaan turun-temurun dari zaman nenek moyang hingga generasi sekarang. Sedangkan, peradaban ialah sebagai manusia yang beradab kita harus mempunyai nama. Proses pemberian nama ini dilakukan apabila orang tua dari bayi sudah mendapat tanda mimpi atau menangis yang dipercayai bahwa anak menginginkan nama dari orang tersebut. Makna pemberian nama pada bayi menurut masyarakat Suku Abui terdiri atas dua yaitu makna spritual dan makna sosial yang terbagi menjadi tiga yaitu makna harapan dan cita-cita yang diberikan kepada bayi yang baru lahir dengan harapan dan cita-cita bisa seperti namanya, makna sifat baik diberikan orang tua bagi nama yang orangnya memiliki sifat baik dan juga makna peringatan dalam masyarakat Suku Abui yaitu sebagai peringatan ulang tahun oyangnya yang meninggal dan juga sebagai peringatan suatu peristiwa bahwa pada saat mengandung sang bayi ada peristiwa yang terjadi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Antoneta Karbeka - Personal Name
Student ID
1901070051
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Meryana M. Doko - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Eka M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA