POLA PEMBELAJARAN DAN PEMBIASAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB, INTEGRITAS, DAN KERJA KERAS DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS IV SDN NEFOSENE KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Detail Cantuman

Skripsi

POLA PEMBELAJARAN DAN PEMBIASAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB, INTEGRITAS, DAN KERJA KERAS DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS IV SDN NEFOSENE KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

XML

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola pembelajaran dan pembiasaan karakter tanggung jawab, integritas, dan kerja keras dalam pembelajaran PPKn di kelas IV SDN Nefosene. Jenis Penelitian ini adalah kualaitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dan subjek dalam penelitian adalah guru wali kelas IV dan seluruh siswa kelas IV SDN Nefosene dengan jumlah 11 orang. Analisis data yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan karakter di sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas sudah diterapkan namun pembiasaan yang biasa di lakukan masih saja ada siswa yang melanggar pembiasaan tersebut seperti tidak melaksanakan tanggung jawab, bersikap tidak jujur dan kerja keras. Oleh karena itu upaya atau solusi yang dilakukan oleh guru yaitu mengintegrasikan nilai karakter dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran melalui mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter dilakukan oleh guru melalui tiga cara yaitu memberikan pemahaman kepada siswa tentang nilai-nilai yang ditanamkan, melakukan pengulangan atau pembiasaan terhadap nilai-nilai yang dipahami, dan guru berperan aktif sebagai model yang memberikan keteladana atas nilai-nilai yang diajarkan (artinya, guru tidak hanya sekedar pandai menasehati tetapi juga mempraktikan nilai-nilai yang diajarkan). Pemahan nilainilai karakter dilakukan dengan cara meminta siswa menggali nilai-nilai positif pada materi yang diajarkan atau meminta siswa mendiskusikan tema-tema karakter tertentu dengan dan mencari contoh-contoh nyata dalam perilaku sehari-hari. Nilai-nilai yang telah dipahami oleh siswa dapat diterapkan di dalam kelas, antara lain guru memberikan siswa tugas lalu mengerjakan secara sendiri, Berusaha menyelesaikan semua tugas yang diberikan dan dikumpulkan tepat waktu.
Kata Kunci: Tanggung Jawab; Integritas; Kerja Keras


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
1901140284
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LIM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA