Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Menningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Pahlawanku Dikelas IV D Di SD Inpres Lasiana Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Menningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Pahlawanku Dikelas IV D Di SD Inpres Lasiana Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang

XML

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn di Kelas IV D di SD Inpres Lasiana, Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.
PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar PKn meteri pahlawanku di kelas IV D di SD Inpres Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV D di SD Inpres Lasiana yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Metode pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa serta penggunaan lembar observasi untuk mencatat aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Untuk memecahkan masalah yang ada maka penulis menggunakan media audio visual sebagai media pembelajaran. Data-data yang dikumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Kinerja guru pada siklus I berada pada kategori baik, yaitu 77, 14 persen dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu, 89, 81 persen. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I siswa berada pada katogori baik yaitu 72, 09 persen dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu 93, 37 persen. Demikian pula dengan perolehan hasil tes juga mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I hasil tes perolehan nilai ketuntasan belajar klasikal 54,16 persen berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali dengan ketuntasan belajar klasikal 91,66 persen berarti sudah menjawab indikator yang ditentukan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Pahlawanku siswa kelas IV D di SD Inpres Lasiana.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yerni Aksida Naluk - Personal Name
Student ID
1601140222
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Luk P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA