Penerapan Good Governance Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Fatuaruin Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Good Governance Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Fatuaruin Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Good Governance Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Fatuaruin Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka, Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitattif. Informan berjumblah 7 orang dengan teknik penetuan informan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancra dan dokumentasi. Teknik aanalisis data yang digunakan yaitu : reduksi data, analisis perbandingan, penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah teori Ramdani dkk (2022). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan good governance dalam meningkatkan pelayanan publik di kantor desa fatuaruin kecataman sasitamean kabupaten malaka belum berjalan dengan baik dilihat dari aspek yang (1).Transparansi masih ada beberapa pelayanan yang belum dimaksimalkan penyebaran informasinya seperti pelayanan perizinan usaha, sehingga membuat masyarakat menilai transparansi yang dilakukan aparatur desa belum sepenuhnya maksimal.(2).Responsif masyarakat menilai aparatur desa belum sepenuhnya responsif terhadap pelay anan dilihat dari tanggapan yang di berikan aparatur desa tergolong lama dikarenakan seringnya aparatur tidak hadir saat masyarakat membutuhkan pelayanan. (3).Berkeadilan masyarakat menilai aparatur desa belum cukup adil dalam memberikan pelayanan, karena masih seringnya masyarakat mendapatkan pelayanan yang tidak merata serta masih seringnya ada tindakan pungutan liar untuk bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal dari aparatur. (4) Efektifitas dan efisiensi, masyarakat menilai aparatur desa belum cukup efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan, karena masih seringnya masyarakat mendapatkan pelayanan yang lambat tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, sehingga membuat masyarakat merasa dirugikan dari segi waktu dan biaya. Adapula kendala yang dihadapi pemerintah Desa Fatuaruin Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka dalam penerapan good governance yang dilakukan, yaitu: Keterbatasan sumber daya, Kurangnya kesadaran dan pemahaman aparatur desa tentang good governance, kurangnya Keterlibatan masyarakat,Korupsi dan nepotisme.Disarankan kepada pemerintah Desa Fatuaruin dapat lebih mengoptimalkan penerapan good governance, dengan memperhatikan setiap pengimplementasian prinsip-prinsip yang ada meliputi transparansi, responsif, berkeadilan serta efektifitas dan efisien. Sehingga kualitas pelayanan yang diberikan mampu memuaskan masyarakat setempat.
Kata kunci : Good Governance dan Kualitas Pelayanan Publik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOANITA VIANNEY LAU - Personal Name
Student ID
1903010120
Dosen Pembimbing
MARIA MAGDALENA LINO - 196312071990032001 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 LAU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA