Fenomenologi Komunikasi Pada Manga Digital One Piece (Studi Fenomenologi Tentang Motif, Proses Interaksi, dan Perubahan Sikap Pada Mahasiswa Fisip Universitas Nusa Cendana Sebagai Pembaca Manga Digital One Piece)

Detail Cantuman

Skripsi

Fenomenologi Komunikasi Pada Manga Digital One Piece (Studi Fenomenologi Tentang Motif, Proses Interaksi, dan Perubahan Sikap Pada Mahasiswa Fisip Universitas Nusa Cendana Sebagai Pembaca Manga Digital One Piece)

XML

One piece adalah sebuah cerita fiksi yang dikembangkan oleh seorang komikus atau mangaka asal Jepang Eiichiro Oda yang terbit pada tahun 1997 di situs resmi Weekly Shonen Jump. Manga One piece ini tergolong dalam genre Comedy, adventure, fantasi yang merupakan salah satu genre yang cukup populer hingga sekarang. One Piece sendiri bercerita tentang petualangan Monkey D. Luffy bersama teman-temannya dalam mencari harta karun ONE PIECE yang ditinggalkan raja bajak laut Gol D. Roger. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif, proses interaksi, dan perubahan sikap dari pembaca komik digital one piece. Penelitian ini dikaji menggunakan metode kualitatif dengan teori fenomenologi Edmund Husserl. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif terbagi atas dua, yaitu Because Of Motive dan In Order Motive To . Because Of Motive berkaitan dengan kepuasan dari segi cerita dan tema yang diangkat, sebagai hiburan, memenuhi rasa penasaran, visual yang menarik,memberikan pesan dan kesan tersendiri, dan karena mudahnya akses, gratis, dan bisa dibaca kapan saja dan dimana saja, sedangkan In Order Motive To untuk merasakan, mendapatkan, dan terpenuhinya keinginan pembaca dan bertujuan untuk memenuhi semua aspek pada Because Of Motive. Pada proses interaksi, peneliti menemukan bahwa proses interaksi terbagi kedalam dua bentuk yaitu positif dimana adanya perasaan emosional yang baik, kemampuan sosialisasi yang baik, mempererat hubungan sosial, dan timbulnya emosi positif, sedangkan negatif terletak pada isolasi sosial, pola hidup tidak teratur, emosi yang tidak stabil, tidak bisa membagi antara tugas dan kewajiban, dan pemisahan diri dari kelompok masyarakat tertentu. Dan yang terakhir adalah perubahan sikap, dimana perubahan ini terdiri atas tiga yaitu Afektif, Kognitif, dan Behavioral yang mana ketiga hal ini memiliki dampak positif dan negatif.
Kata Kunci : One Piece, Komik, Manga, Fenomenologi, Motif, Proses Interaksi, Perubahan Sikap.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ferdinando Daedju Jesman - Personal Name
Student ID
1903050078
Dosen Pembimbing
Yeremia Dj. Manafe - 197003032005011001 - Dosen Pembimbing 1
christian J. Balalembang - 9900001159 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yeremia Dj Manafe - 197003032005011001 - Ketua Penguji
christian J. Balalembang - 9900001159 - Penguji 1
Monika Wutun - 198301112014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Jes F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA