Faktor Penentu Produksi Tanaman Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) (Studi Kasus : Desa Kolobolon Kecamatan Lobalain Kabupaten Rote Ndao)

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor Penentu Produksi Tanaman Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) (Studi Kasus : Desa Kolobolon Kecamatan Lobalain Kabupaten Rote Ndao)

XML

Penelitian ini dilakukan di Desa Kolobolon, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum teknik budidaya buah naga daging merah (Hylocereus polyrhizus) dan mengetahui faktor penentu hasil produksi buah naga daging merah (Hylocereus polyrhizus).Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah luas lahan, pupuk organik, pestisida, tenaga kerja dan jumlah tanaman, data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey. Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS versi 26 menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua tahapan kegiatan pertanian dimulai dari pembibitan, pengolahan tanah, tiang penyangga, penanaman, pemupukan, pemangkasan, penyiraman, pengendalian hama, panen, dan pasca panen. Berdasarkan analisis menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas diperoleh hasil sebagai berikut: Y = 7.683 X1–0,060 X20,304 X3– 0,011X40,355X50,208.. Hasil uji simultan F menunjukkan bahwa peubah bebas mempunyai pengaruh terhadap produksi buah naga daging merah (Hylocereus polyrhizus) sebesar 24,261. Uji parsial (t) menunjukkan bahwa pupuk organik, tenaga kerja dan jumlah tanaman berpengaruh nyata terhadap hasil buah naga daging merah (Hylocereus polyrhizus). Sedangkan variabel luas dan pestisida tidak berpengaruh nyata terhadap hasil buah naga daging merah (Hylocereus polyrhizus). Nilai Adjusted R2 adalah 0,847 menunjukkan bahwa 84,70% produksi buah naga daging merah (Hylocereus polyrhizus) dapat dijelaskan oleh variabel luas, pupuk organik, pestisida, tenaga kerja dan jumlah tanaman. Sedangkan sisanya sebesar 15,30%, rasio ini dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam model regresi.
Kata Kunci : Usahatani, Tanaman Buah Naga Merah , Faktor Produksi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NETA AYU PUSPITA LEDOH - Personal Name
Student ID
2004020073
Dosen Pembimbing
Marthen R. Pellokila - 196503171989031002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
marthen R. Pellokila - - Ketua Penguji
Alfetri N. P Lango - - Penguji 1
Johanna Suek - 196401291987022001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Agribisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 LED F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA